Armada Damkar dan Masyarakat: Selamatkan Rumah Ramli Andip

Iklan Semua Halaman


.

Armada Damkar dan Masyarakat: Selamatkan Rumah Ramli Andip

Juwaini
Kamis, 05 Agustus 2021
Bireuen - Reaksinews.id |  Kebakaran di Dusun Panjoe
Jalan GOR (Gelanggang Olah Raga)
Desa Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa kabupaten Bireuen, Menghanguskan rumah milik Ramli Andip (50) kebakaran terjadi ketika rumah sedang kosong pada, Rabu (4 Agustus 2021) 16:20 Wib sore.

Pemilik Rumah, Ramli Andip (50) kepada Reaksinews.id mengatakan, kebakaran terjadi sekitar jam 16:20 (Sore) dan ketika kejadian , kami sekeluarga sedang tidak berada Dirumah. Kebakaran rumah dilihat oleh tetangga yang selanjutnya berupaya memadamkan api, sementara menunggu Armada Damkar tiba, 

Akibat dari kejadian tersebut, bahagian dapur rumah beserta peralatan hangus terbakar. Alhamdulillah api dapat dijinakkan Armada Damkar serta dibantu Tetangga dan masyarakat sekitar, tidak lama berselang waktu" pihak Dinsos datang mengulurkan bantuan masa panik dalam bentuk Sembako. Bahkan Bapak Camat Jeumpa, Erri Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si juga datang, Ramli Andip mengungkapkan.

Muktar (40) warga setempat menyebutkan, kebakaran rumah diketahui berdasarkan Kepulan asap tebal dari bahagian dapur. Dikarenakan kondisi rumah setengah permanen, sehingga api sebegitu cepat menjalar. Dalam suasana kepanikan, kami memberitahukan kepada perangkat desa yang selanjutnya menghubungi POS Pemadam kebakaran.

Seketika Armada datang dan api dapat dijinakkan dalam waktu tidak sampai satu jam, sehingga tidak sempat menjalar dan merambah ke rumah yang bersebelahan. Ramli Andip sedang berada di kedai pada saat kebakaran, sementara Maryati (isteri) belum pulang dari tempatnya berkerja. Kondisi rumah ketika itu sedang tidak berpenghuni," Syahril, tetangga korban, ikut menjelaskan.

Sementara Kepala BPBD Bireuen, Afwadi, BA kepada Reaksinews.id menyampaikan, Telah terjadi kebakaran  di Dusun Panjoe Jalan GOR Desa Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa pada, Rabu (4/8) jam 16:20 Wib. Rumah tersebut milik Ramli Andip (50) yang dihuni 3 sekeluar, Maryati 35 tahun dan anaknya (11)

Berdasarkan laporan perangkat desa setempat, sejumlah 2 unit Damkar Pos Induk dan 1 unit dari Pos Simpang Mamplam dikerahkan ke TKP.  Sehingga api dapat dipadamkan dalam waktu yang relatif singkat dan tidak sempai menjalar kerumah warga yang bersebelahan. Terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membatu dalam upaya pemadaman, 

Akibat dari kejadian tersebut, bahagian dapur dan semua perlengkapan hangus terbakar. Terkait berapa kerugian dan penyebab terjadinya kebakaran masih dalam pendataan, ujar Afwadi

Dalam kurun waktu 3 Minggu terakhir, memang kerap terjadi kebakaran, baik rumah dan lahan perkebunan masyarakat. Bahkan beberapa hari sebelumnya, BPBD Kabupaten Bireuen turut memperbantukan Unit Armada Damkar dalam pemadaman kebakaran di Kabupaten Pidie Jaya.

Alhamdulillah", Selagi kita mampu, akan selalu membantu terhadap musibah yang menimpa masyarakat kabupaten tetangga, Kepala BPBD Bireuen, Afwadi BA didampingi Petugas Pusdalops-PB, Amar Zaki Cs dan Tim TRC Cs menjelaskan (**)