Hidup Pintar di Tengah Dunia Digital, Tajuk Webinar Literasi Digital Kominfo Chapter Aceh Barat Daya

Iklan Semua Halaman


.

Hidup Pintar di Tengah Dunia Digital, Tajuk Webinar Literasi Digital Kominfo Chapter Aceh Barat Daya

Redaksi @ reaksinews.id
Minggu, 26 September 2021
BLANG PIDIE - Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh kembali bergulir Pada Sabtu (11/09/2021) mulai pukul 14.00 hingga 17.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Hidup Pintar di Tengah Dunia Digital”. 

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen mahasiswa dan siswa, dihadiri oleh sekitar 691 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Drs. Eko Pamuji, M.Ikom., Sekretaris PWI Jatim dan Ketua Jaringan Media Siber Indonesia Jatim; Dr. Nendar Herianto, S.Si, M.Si., Perekayasa Teknologi BRIN; Dr. Ir. Hafnidar A.Rani, S.T., M.M., IPU., AESAN Eng, ACPE., Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh; dan Putri Balqis, S.Pd., Pengajar Muda (ASN) dan Presenter TV. Fikri Haikal sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill. 

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Husnul Khotimah yang bertanya  sebagai generasi muda, bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung budaya bangsa? Dan bagaimana juga era digital bisa memberikan kontribusi nyata, bagi upaya memajukan kebudayaan sekaligus merajut spirit multikulturalisme? Narasumber Putri Balqis, S.Pd., menanggapi kita harus memastikan apa yang akan kita upload sudah dipilah serta pilih. Dan melalui budaya digital kita bisa memberitahu banyak orang mengenai budaya yang ada. 

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Aceh Barat Daya. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.(Red)