Webinar Literasi Digital, Etika Internet: Jarimu,Harimaumu

Iklan Semua Halaman


.

Webinar Literasi Digital, Etika Internet: Jarimu,Harimaumu

Redaksi @ reaksinews.id
Minggu, 26 September 2021
LHOKSUKON - Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mengadakan Webinar Literasi Digital Chapter Kabupaten Aceh Utara pada Selasa, (14/09/2021) pagi.

Rangkaian Webinar Literasi Digital, Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Sumatera II yang dimulai pukul 09.00 Wib hingga selesai dengan tema “Etika Dunia Internet: Jarimu,Harimaumu”.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoax serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa, Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa, artinya penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

"Kecakapan digital harus ditingkatkan dalam masyarakat agar mampu menampilkan konten kreatif mendidik yang menyejukkan dan menyerukan perdamaian. Sebab, tantangan di ruang digital semakin besar seperti konten-konten negatif, kejahatan penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital," ujar Presiden Republik Indonesia, Ir.H. Joko Widodo saat membuka program Literasi Digital Nasional. 

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen Guru, Pelajar dan Masyarakat umum,hadir dan memberikan materinya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya yaitu Syali Gestanon,S.Sos, Romzi Ahmad, Assoc.Prof.Dr.Drs.T.M.Jamil,M.Si serta Azwar,S.Psi,M.Psi,C.Ht,MNLP.

Sementara @andromeda_mercury bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan ikut  memberikan pengalamannya serta Reni Risty sebagai Moderator.

Pada kesempatan ini hadir langsung Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan,B.Sc sebagau Keynote Speech Webinar Literasi.

Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama, di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Webinar yang menyasar kalangan umum itu gratis dikuti oleh semua peserta, juga mendapatkan sertifikat+voucher Rp.100.000.00 bagi 10 orang penanya terbaik.(Rel/*)