YSI berhasil lahirkan Relawan Internasional dan Lokal Kesiapan siaga Bencana Berbasis Masyarakat

Iklan Semua Halaman


.

YSI berhasil lahirkan Relawan Internasional dan Lokal Kesiapan siaga Bencana Berbasis Masyarakat

Redaksi @ reaksinews.id
Jumat, 17 September 2021
Aceh Besar - Tim YSI (Yayasan Saluran Internasional) memfasilitasi pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat yang dihadiri oleh kepala sekolah dan beberapa tokoh masyarakat. Pelatihan dilaksanakan di SMA 1 Pulau Aceh, Jumat (17/9). 

Pada hari yang sama Tim YSI dilakukan latihan gempa dan tsunami kepada guru dan siswa SD Negeri Deudap, Pulo Aceh. YSI membantu Komunitas tentang Apa yang Dilakukan, Sebelum, Selama dan Setelah Gempa. YSI juga memfasilitasi pada bagaimana menyusun Struktur Penanggulangan Bencana Tujuan dari pelatihan dan simulasi ini adalah untuk mempersiapkan masyarakat dan siswa SD untuk menghadapi bencana yang tak terhindarkan yang mungkin terjadi kapan saja. 

Yayasan Saluran Internasional atau YSI telah lahir oleh beberapa relawan internasional dan lokal setelah bencana Tsunami tahun 2004 di Aceh, Indonesia Di bawah Keketuaan Bapak Fachrul Razi, M.I.P 

Senator Fachrul Razi yang saat ini  menduduki Ketua Komite I DPD RI sangat mengapresiasi perkembangan YSI dan tim berbasis masyarakat tersebut dalam membentuk relawan di Pulo Aceh. 

Saat bencana tsunami 2004 di Aceh. Sekolah-sekolah dan desa-desa di sekitar pesisir pantai semuanya tersapu tsunami. Usai pelatihan, YSI juga memberikan bantuan berupa Emergency Fist Aid kit ( P3K). 

YSI atau Yayasan Saluran Internasional terus memfasilitasi pelatihan kepada masyarakat dan sekolah yang rawan bencana terutama di masa pandemi ini. Program lain YSI di pulau ini adalah Program Peningkatan Kapasitas Perempuan ( Program Mata Pencaharian ) kelompok perempuan menyelenggarakan dan menjalani pelatihan menjahit,
mengunjungi kelompok menjahit binaan Yayasan Saluran Internasional di desa Deudap kec pulau Aceh yang di ikuti oleh  ibu2 pkk dan masyarakat kurang mampu seputaran desa deudap.  (**)