Wujudkan Zona Integritas WBK: Polres Ponorogo Gandeng Forkopimda

Iklan Semua Halaman



.

Wujudkan Zona Integritas WBK: Polres Ponorogo Gandeng Forkopimda

Juwaini
Selasa, 18 Januari 2022
REAKSINEWS | PONOROGO - Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat secara professional, bersih, bebas dari pungutan liar (pungli), Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Ponorogo mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Selasa (18 Januari 2022).

Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo dalam sambutannya memaparkan"Pencanangan Zona Integritas, WBK dan WBBM dalam rangka meningkatkan pelayanan yang profesional, bersihkan bebas dari Pungutan Liar (Pungli) 

"ZI, WBK dan WBBM bukanlah program baru, melainkan hal lama yang harus diingatkan kembali, terhadap aparatur negara sebagai pelayan masyarakat. Dan Hari ini, Selasa (18/1) Polres Ponorogo mulai mencanangkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih, papar AKBP Catur Cahyono Wibowo

Komitmen pencanangan pembangunan zona integritas ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh Kapolres Ponorogo, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Ponorogo.

Menggandeng (Keterlibatan) Forkompinda"Bukan sekadar saksi, akan tetapi berupa mitra Polri dalam mendidik masyarakat, guna menekan budaya KKN sebagai bentuk sinergitas antar instansi. 

"Penandatanganan pakta integritas, sesuai dengan Program Reformasi Birokrasi Polri, sebagai wujud keseriusan dalam mewujudkan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat,

Mewujudkan pembangunan zona WBBM merupakan hal yang tidak mudah dan sulit, namun tidak"Mustahil"akan bisa dicapai, apabila seluruh pihak memiliki tekad dan kemauan kuat,

"Pencanangan zona integritas wilayah bebas dari korupsi akan terwujud apabila aparatur negara memiliki sikap mental terpuji, bersih dan melayani yang  ditunjukan dengan perilaku yang menunjang seperti kerja dengan tulus, ikhlas dan cerdas,

Berkaitan Pencanangan tersebut,  Polres Ponorogo berusaha meraih"Zona Integritas"dengan melibatkan instansi terkait. Sebagai lembaga internal dan Tim penilai dari lembaga Eksternal terdiri dari Ombudsman dan Kemenpan, secara administrasi, pelayanan pasti akan melibatkan instansi terkait. Sehingga komitmennya sangt  dibutuhkan untuk mensupport program tersebut," terangnya.

Semoga harapan Polres Ponorogo untuk meraih Zona Integritas dan WBK di tahap awal dapat diwujudkan. Walaupun sebelumnya ada beberapa sektor yang harus dibenahi dan disempurnakan. Sehingga kekurangan sektor yang di 2021 akan disempurnakan pada 2022. 

Pelayanan tersebut akan terus ditingkatkan baik Sumber Daya Manusia serta Sarana dan  Prasarana. Sehingga dapat terlayani dengan lebih maksimal secara profesional. Mengutamakan kepentingan masyarakat melalui keteladanan, sehingga penetapan"Zona Integritas"Tidak hanya sebatas slogan saja, Kapolres Ponorogo menjelaskan.

Sementara Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto mengungkapkan, pemerintah berharap seluruh elemen masyarakat dapat membantu mengawasi pelaksanaan Zona Integritas. Sehingga Polres Ponorogo benar-benar bisa melayani masyarakat dengan profesional dan  modern,

"Kang Narto sapaan akrab Sunarto, mengajak semua pihak bersinergi dalam upaya mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi serta wilayah birokrasi bersih dan melayani, tutur Politisi Partai Nasdem penuh harap. 

Pencanangan Zona Integritas, WBK dan WBBM digelar di Mapolres setempat dengan dihadiri Forkompinda Kabupaten Ponorogo, selain unsur Kepolisian dan sejumlah tamu undangan lainnya.(Muh Nurcholis)