Sambut HPN: Wartawan Ponorogo Kompak Basmi DBD

Iklan Semua Halaman


.

Sambut HPN: Wartawan Ponorogo Kompak Basmi DBD

Juwaini
Kamis, 03 Februari 2022
REAKSINEWS.ID | PONOROGO - Momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dimanfaatkan oleh para jurnalis Ponorogo untuk melakukan kegiatan sosial. Aksi nyata para jurnalis di Bumi Reyog tersebut dilakukan dengan pencegahan Demam Berdarah, Kamis (3 Februari 2022).

Para jurnalis Ponorogo menyambut HPN 9 Februari menggelar pengasapan atau fogging dan pembagian ikan cupang di RT 004, RW 001, Lingkungan Larasati, Kelurahan Surodikraman, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo,

"HPN tahun ini (2022) kegiatan lebih terfokus pada keselamatan dan kesehatan publik dalam memerangi Demam Berdarah Dengue (DBD)," ungkap Raden Catur salah satu jurnalis TV wilayah Ponorogo.

Nuryasin selaku ketua panitia  mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Ponorogo dan komunitas Cupang Ponorogo atas kerjasamanya. "Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, kami para jurnalis Ponorogo mengadakan kegiatan fogging menggandeng Polres Ponorogo dan pembagian cupang di kelurahan Surodikraman Kota Ponorogo," jelas Nuryasin.

Fogging dan pembagian cupang sebagai upaya membantu Pemerintah untuk mencegah penyebaran demam berdarah di Ponorogo. "Fogging fungsinya untuk membunuh nyamuk dewasa, dan ikan cupang atau ikan aduan bertugas membunuh jentik nyamuk," paparnya.

Sementara Kasat Samapta Polres Ponorogo, AKP Edi Suyono mengatakan, Polres Ponorogo dan komunitas ikan cupang bersama Jurnalis Ponorogo mengadakan fogging dan pembagian ikan cupang pada warga. "Hari ini kami bersama-sama dan bersinergi dengan temen-temen komunitas wartawan Ponorogo dan komunitas pecinta cupang Ponorogo dalam rangka ikut berperan pencegahan demam berdarah," ungkap AKP Edi Suyono.

Sedangkan Ginanjar dari Komunitas Cupang Ponorogo menjelaskan pihaknya mengumpulkan ikan cupang dalam rangka ikut membantu memutus mata rantai penyebaran DBD. "Ikan cupang ini makannya jentik-jentik nyamuk, bisa ditaruh di kamar mandi, bak mandi atau ditempat lain," tutur Ginanjar.

Pihaknya mengaku terpanggil untuk ikut serta mengurangi penyebaran demam berdarah di Ponorogo. "Dan tahun ini bersamaan dihari Pers Nasional, Saya dan komunitas cupang melepas sebanyak 300 ekor cupang kita berikan pada warga, bersamaan dengan giat fogging," imbuhnya. (Muh Nurcholis)