Dinkes Aceh Barat Latih Pelaku UMKM Produksi Makanan Sehat

Iklan Semua Halaman


.

Dinkes Aceh Barat Latih Pelaku UMKM Produksi Makanan Sehat

Juwaini
Rabu, 13 April 2022
MEULABOH | Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat buka pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar bisa memproduksi makanan dan minuman yang sehat, higienis, bergizi 

“Pelatihan ini kita laksanakan, agar pelaku UMKM di Aceh Barat dapat memproduksi makanan yang sehat tanpa pengawet dan zat berbahaya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah di Meulaboh, Rabu (13 April 2022)

Pelaku UMKM yang mendapatkan pelatihan tersebut diantaranya, seperti pelaku usaha makanan dan minuman, usaha mie basah, kerupuk, kue, serta aneka produk makanan lainnya.ujar Syarifah.

Dalam pelatihan tersebut pihak kesehatan kepada pihak pelaku usaha  memberikan edukasi agar tidak menggunakan zat berbahaya di dalam memproduksi makanan dan minuman.

Hal ini diharapkan nantinya agar produk yang dihasilkan dapat dijual kepada konsumen tanpa harus berisiko dan berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Ada pun edukasi yang diberikan tersebut seperti melarang adanya penggunaan zat kimia berbahaya misalnya formalin, boraks, serta zat pewarna yang tidak diperuntukkan bagi makanan dan minuman. Jelasnya

Selain itu, pihaknya juga melatih pelaku UMKM agar dapat menyajikan makanan yang higienis, sehat dan bergizi, sehingga diharapkan asupan gizi harian masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

“Tugas kami mengedukasi pelaku usaha agar menyajikan makanan yang sehat dan layak konsumsi, selanjutnya tinggal masyarakat yang memilih secara cerdas produk apa yang akan dibeli,” kata Syarifah Junaidah.(Sam Riz)