Pemerintah Aceh Laksanakan Safari Ramadhan

Iklan Semua Halaman


.

Pemerintah Aceh Laksanakan Safari Ramadhan

Juwaini
Sabtu, 09 April 2022
BANDA ACEH | 54 masjid di seluruh Aceh akan mandapat kunjungan safari ramadhan Pemerintah Aceh 
dimulai Sabtu (09/04/2022) Sekda Aceh, Taqwallah berharap kegiatan tersebut berlangsung sukses, dan partisipasi tim dan tentunya masyarakat bisa membuat kegiatan itu meriah. 

Safari Ramadhan tahun 2022 atau 1443 H, mengusung tema Gerakan Masjid Bereh. Fokus utama pada kegiatan ini adalah membersihkan masjid serta menghijaukan kawasan masjid.

Sekda Aceh “Terima kasih kepada teman-teman semua yang telah beraktifitas mulai kemarin, hari ini dan seterusnya,” kata Sekda usai doa dan zikir pagi dari Ruang Potensi Daerah Kantor Gubernur Aceh, Jumat 8 April 2022.

Dalam laporan yang ditampilkan pada Jumat hari ini, para tim yang terdiri dari SKPA Pemerintah Aceh dan Biro Setda, Bank Aceh dan Bank BPRS Mustaqim, SMA/SMK, Puskesmas dan panitia masjid serta masyarakat sekitar sedang bekerja bergotong royong membersihkan area masjid, mengecat dinding yang luntur dan menanami pohon di sekitar halaman masjid. Kegiatan itu sebagai bagian dari program BEREH (Bersih, Rapi, Estetik, dan Hijau) yang digalakkan pemerintah Aceh.

Sebelum itu, pada Rabu 6/4 kemarin, Sekda Aceh melepas keberangkatan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, di Lobi Kantor Gubernur Aceh. Kepala Biro Administrasi  Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, tujuan utama Safari Ramadhan Pemerintah Aceh adalah membersihkan masjid.

Selain itu katanya. Pemerintah Aceh ingin menggaungkan Gerakan Bereh, fokus utamanya adalah pemeliharaan kebersihan Masjid, karena hal ini penting agar jama’ah merasa khusyuk dan nyaman saat beribadah, baik di bulan Ramadhan maupun di bulan lainnya.

Kita harus teratur menjaga kebersihan lantai masjid atau musala dengan cairan disinfektan. Menjaga kebersihan karpet dan alas sholat lain dengan rutin atau konstan. -Menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfektan.

Para jamaah diminta juga saling menjaga kebersihan dan keindahan serta ketertiban mesjid, karena kualitas kebersihan Masjid di Aceh dalam kondisi yang berbeda-beda. Namun biasanya banyak masalah kebersihan pada fasilitas wuduk dan MCK. Kehadiran tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, minimal bisa menjadikan kawasan Masjid terasa lebih bersih dan nyaman untuk jamaah.(Sambar)