Stok Daging Ternak di Aceh Barat Dijamin Cukup Hingga Lebaran

Iklan Semua Halaman


.

Stok Daging Ternak di Aceh Barat Dijamin Cukup Hingga Lebaran

Juwaini
Sabtu, 09 April 2022
ACEH BARAT | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat, Provinsi Aceh memastikan stok daging segar seperti sapi, kerbau, kambing, dan daging ayam cukup untuk memenuhi kebutuhan warga selama bulan Ramadhan. Bahkan, stok tersebut cukup hingga Hari Raya Idul fitri 1443 Hijriah, Sabtu (9 April 2022)
 
“Stok daging selama bulan Ramadan insyaallah masih aman karena kita masih banyak stok dari peternak lokal, alhamdulillah terpenuhi sampai meugang Hari Raya Idul fitri,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Danil Ardial, Kamis (7/4)
 
Danil mengatakan jumlah ternak menjelang Ramadan pada tahun ini mencapai 3.893 ekor. Rinciannya, sapi jantan sebanyak 534 ekor dan kerbau jantan 1.300 ekor.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
 
"Sedangkan jumlah ternak kambing yang tersedia sebanyak 832 ekor, jumlah unggas ayam yang tersedia di Kabupaten Aceh Barat mencapai 31.227 ekor," ujarnya.
 
Ia menerangkan prosesi penyembelihan hewan ternak tetap dilakukan sesuai dengan standar operasional yang berlaku, yaitu dengan menerapkan sistem pemeriksaan kondisi hewan ternak (keur master). Setiap hewan ternak yang akan disembelih di rumah potong hewan (RPH) harus melalui proses keur master yang dilakukan pemeriksaan kondisi hewan ternak oleh tenaga kesehatan hewan yang bertugas memeriksa dan menentukan kualitas daging setelah disembelih.
 "Sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi daging yang aman, sehat, dan utuh," jelasnya.( Samsul Rizal)