Beragam Kegiatan Warnai Unsam Langsa Menjelang Dies Natalis ke IX dan Wisuda 2022

Iklan Semua Halaman


.

Beragam Kegiatan Warnai Unsam Langsa Menjelang Dies Natalis ke IX dan Wisuda 2022

Juwaini
Jumat, 13 Mei 2022
LANGSA | Universitas Samudra Langsa genap berusia 9 tahun tepat pada tanggal 13 Mei 2022 mendatang. Dalam rangka menjelang untuk memperingati Dies Natalis yang ke 9, Universitas Samudra menggelar berbagai rangkaian kegiatan diantaranya seminar nasional, bhakti sosial, pertandingan olah raga serta malam anugerah Dies Natalis Samudra ke IX. Berbagai kegiatan tersebut telah dimulai sejak Maret hingga Mei 2022 mendatang. 

Universitas Samudra sebelumnya berawal dari sebuah universitas swasta yang dibawah Yayasan Pendidikan Samudra yang didirikan pada tanggal 1 April 1970. Dan berdasarkan Perpres Nomor 37 tahun 2013, Universitas Samudra ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegerikan Universitas Samudra (Unsam)  terhitung Selasa (21/5) melalui Peraturan Presiden (Perpres) tentang penegerian Unsam itu diserahkan Menteri Sekertaris Kabinet, Dr Dipo Alam, di Kantor Kementerian Sekretaris Kabinet kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Anam M Adam MPd mewakili Gubernur Aceh.

Dimana Universitas Samudra memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung komitmennya sebagai Universitas Negeri Baru di Aceh. Diantaranya ruang perkuliahan yang berjumlah 64 ruang, 13 ruang laboratorium, perpustakaan dengan koleksi ribuan judul buku atau sekitar 20.600 eksemplar dengan waktu layanan mulai pukul 08.00 WIB – 17.30 WIB. Selain itu disekitaran kampus juga dilengkapi dengan fasilitas Hotspot Area (internet gratis) guna menunjang proses untuk belajar mengajar.

Selain itu Universitas Samudra yang memiliki luas lahan 495.000 M2, diantaranya terdapat gedung administrasi & pelayanan, gedung serbaguna 1 unit, gedung Administrasi 1 unit, gedung perpustakaan 1 unit, mushalla 8 unit, ruang belajar 64 ruang yang yang terdiri dari 5 fakultas, laboratorium dasar 1 unit, laboratorium MIPA 1 unit, laboratorium komputer 7 unit, laboratorium bahasa 1 ruang, laboratorium teknik dan lahan percobaan ssluas.

Selasa (12/10/2021) telah dilakukan lepas sambut antara Dr. Bachtiar Akob, M.Pd, dengan Rektor Universitas Samudra terpilih yaitu Dr Ir Hamdani, MT usai dilantik Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti MA, PhD, Selasa (5 Oktober 2021) lalu di Gedung Kementerian RI, Jakarta yang dilaksanakan melalui secara luring.

Dalam acara pisah sambut yang dikemas di gedung multi guna kampus setempat tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor, Dekan, Kepala UPT, Ketua LPPM, Ketua Satuan Pengawas, Kepala Biro,  serta seluruh unsur civitas akademika Universitas Samudra.

Dan Dr. Bachtiar Akob, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran struktural Universitas Samudra yang telah membantu dalam melaksanakan tugas selama ini.

Setelah dilantik dan serah terima jabatan Rektor Universitas Samudra Dr. Ir. Hamdani, MT  Memimpin Peluncuran Program SMMPTN Barat 2022 dan Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, MT selaku Wakil Ketua 2 SMMPTN Barat 2022 mewakili Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, Rektor Universitas Riau selaku Ketua SMMPTN-Barat 2022, memimpin peluncuran situs resmi Program SMMPTN-BARAT 2022 yang berlokasi di Hall Hotel Atlet Century Park, Jakarta pada Sabtu 26 Februari 2022. (Wira)