Ditolak Melalui Rapat Umum: Diam-diam Camat Jeunieb Kembalikan Sekdes Lheue Simpang

Iklan Semua Halaman


.

Ditolak Melalui Rapat Umum: Diam-diam Camat Jeunieb Kembalikan Sekdes Lheue Simpang

Juwaini
Rabu, 03 Agustus 2022
Foto: Rapat Umum tentang Penolakan dan Evaluasi Sekdes Gampong Lheue Simpang Kecamatan Jeunieb, Senin (25 Oktober 2021) malam. 

BIREUEN | Pengembalian dan pengaktifan kembali Sekretaris Desa (Sekdes) secara" Diam-diam" oleh Camat, menuai kritikan dan dipertanyakan masyarakat Gampong Lheue Simpang Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen, Penolakannya sah melalui Rapat Umum disertai berita acara, Senin (3 Agustus 2022)

Juhari, warga Gampong Lheue Simpang menyebutkan, mengembalikan Sekdes (K) bertugas di Gampong yang dilakukan oleh Pak Yusri, SHi" Sama halnya telah melukai hati dan terindikasi mengabaikan Aspirasi masyarakat. Selaku seorang pejabat pemerintah di tingkat Kecamatan, seharusnya lebih peka terhadap hajat masyarakat banyak,

Masyarakat melalui Rapat Umum telah menolak dan meminta di Evaluasi "Sekdes" atas beberapa alasan yang bertentangan dengan etika seorang pejabat pemerintahan. Sayangnya hal tersebut tidak pernah menjadi pertimbangan", Bahkan terasa diabaikan Pak Camat Jeunieb, tolonglah jangan membuat kegaduhan antar masyarakat dengan perangkat Gampong, ungkap Juhari bernada kesal.

Foto: Camat Jeunieb, Yusri SHi menerima Berita Acara dari Keuchik, T. Dahlan didampingi Tuhapeut, Saifuddin AR Gampong Lheue Simpang Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen,Senin (15 November 2021)

Senada disampaikan, Aiyub S, sekiranya melalui berita acara" HAN LAGOET (Tidak Laku) setiap keluhan dan pengaduan disampaikan" Adakah setelah terjadinya kegaduhan, baru setiap masalah akan tersahuti ??

Sungguh Aneh, seharusnya pengembalian tugas "Sekdes"  dilakukan dan diberitahukan melalui Rapat Umum", Bukan dengan Diam-diam. Adakah camat takut dengan yang bersangkutan ataupun ada indikasi lain, dibalik pengembalian Sekdes Gampong Lheue Simpang, Aiyub S mempertanyakan.

Salah satu tokoh masyarakat, Tgk Zubir, M.AI kepada reaksinews.id menyampaikan, sepengetahuan saya, berkaitan kesenjangan yang terjadi, Pemdes Gampong Lheue Simpang telah menggelar musyawarah di Meunasah secara Umum (Rapat Umum) tentang penolakan "Sekdes" oleh masyarakat setempat, dimana musyawarah tersebut digelar pada, Senin (25 Oktober 2021) malam. 

Sehingga melahirkan sebuah Berita acara yang ditandatangani oleh masyarakat dan di setujui Pemdes serta lembaga Tuhapeut ketika itu. Selanjutnya diajukan ke pemerintah Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen oleh Keuchik (Kades) Gampong Lheue Simpang, T. Dahlan bersama Ketua Tuhapeut, Saifuddin AR yang diterima langsung oleh Camat Jeunieb, Yusri SHi pada, Senin (15 November 2021) tahun lalu

"Sayangnya, Usulan bersama kesepakatan masyarakat melalui Forum Rapat Umum, hingga kini masih di awang-awang dan terkesan "Mandeg" di Kecamatan. 

Sungguh diluar dugaan, secara sepihak "Camat Jeunieb" Telah mengaktifkan kembali SEKDES ke Gampong Lheue Simpang tanpa ada pemberitahuan kepada masyarakat, baik itu melalui Pemerintah Gampong maupun dari pihak Pemerintah Kecamatan Jeunieb,

Kebijakan yang diambil oleh Camat Jeunieb dengan cara sepihak tersebut, telah melukai hati masyarakat Gampong Lheue Simpang secara umum. Sepertinya Pak Yusri, secara tidak langsung telah mengundang malapetaka dan sekiranya masalah tersebut berpotensi terjadinya konflik antar masyarakat", Ini yang sangat disesalkan, ungkap Tgk Zubir

Sementara Camat Jeunieb, Yusri SHi diruang kerjanya (1/8) kepada reaksinews.id mengatakan, pengembalian tugas sekdes untuk kembali bekerja di Gampong Lheue Simpang, setelah sebelumnya dilakukan "Pembinaan" beberapa waktu dan komitmennya untuk lebih bertanggung jawab dalam amanah dan jabatan,

Hanya pembinaan yang dapat dilakukan di tingkat Kecamatan, selebihnya perlu ditindaklanjuti ditingkat kabupaten. Sekiranya masyarakat terus mempertanyakan"NEU TULEEH LAJU KEUDEEH" (Ya Tulis Saja beritanya) jawab camat jeunieb dalam logat bahasa Aceh singkat. (Red)

- I
Bersambung -