Dampak Politik Dari Kenaikan Harga BBM: HIMAP Umuslim Gelar Public Lecture

Iklan Semua Halaman


.

Dampak Politik Dari Kenaikan Harga BBM: HIMAP Umuslim Gelar Public Lecture

Redaksi @ reaksinews.id
Kamis, 22 September 2022
Foto: Ketua DPD RI, H. Fakhrurrazi, SIP, MIP mengisi Materi pada giat"Public Lecture yang digelar HIMAP Umuslim, Selasa (20/9)

BIREUEN | Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (HIMAP) Universitas Almuslim kembali menggelar kegiatan kepemudaan. Dimana pada kali ini turut mengundang Ketua Komite I DPD RI H. Fachrul Razi SIP, MIP hadir sebagai pemateri mengisi giat "Public Lecture" di kampus Umuslim yang menjadi kebanggaan masyarakat Bireuen,

Mengusung Tema "Dampak Politik Dari Kenaikan Harga BBM: Apakah Rakyat Dapat Berlindung dibawah Payung Negara?" Kegiatan digelar secara daring via zoom meeting, Selasa (20/9).

Wakil Rektor II Umuslim, Sonny M Ikhsan Mangkuwinata, SE, MSi  mengapresiasi kegiatan positif yang diselenggarakan oleh Himap Fisip Umuslim. Agenda seperti ini merupakan salah satu bentuk kemajuan yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa di ruang lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim.
 
" Menurut kami, hal ini perlu diketahui bersama, masalah kenaikan harga BBM merupakan masalah serius, dimana kebijakan tersebut  berdampak serius meliputi semua sektor, khususnya masalah ekonomi masyarakat kelas menengah bawah, kegiatan seumpama ini juga bagian dari upaya membangun kepekaan mahasiswa terhadap Isu-isu publik yang saat ini", ujar Warek II Umuslim

Ketua DPD RI, Fachrul Razi, SIP, MIP dalam materi penyampaian materinya  mengomentari, kondisi politik pemerintah indonesia hari ini terlihat semakin kehilangan kepercayaan dari masyarakat, disebabkan banyak nya kebijakan yang tidak sesuai harapan rakyat. 

Sepertinya "Politik Indonesia saat ini memang sedang tidak dapat diharapakan, dimana banyak kebijakan yang diambil kurang strategis, bahkan tidak sesuai dengan harapan masyarakat pada umumnya. Sungguh Ini sangat berbahaya bagi sebuah negara. Barangkali juga kenaikan BBM juga di pengaruhi oleh perspektif politik tersendiri", ujarnya.

Perlu diperhatikan, kondisi seumpama ini tidak lepas dari pengaruh politik Empat Kekuatan Ekonomi Besar Dunia melibatkan China, Rusia, Amerika dan Uni Eropa. 

Selain itu "Kondisi Indonesia saat ini juga tidak lepas dari kondisi geopolitik dunia yang dimotori negara-negara dimaksud. Sehingga Indonesia terjebak diantara empat kekuatan politik tersebut, sementara dampaknya berpengaruh secara langsung terhadap kondisi di Indonesia." Fakhrurrazi memaparkan.

Ketua Panitia, Muhajir didampingi Ketua Himap Fisip Umuslim, Hajina Putri mengucapkan terimakasih kepada semua unsur, hingga giat ini sukses terlaksana. Direncanakan, kegiatan seumpama ini perlu terus digelar secara berkala dan berkelanjutan,

Sejatinya, Mahasiswa perlu dilibatkan secara langsung dan melibatkannya dalam kajian strategis isu publik seperti ini, sebagai bentuk dukungan membantu pemerintah terhadap pelaksanaan program yang digagaskan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat,

Mahasiswa dan pemuda perlu terus melaksanakan kegiatan seperti ini dan lainnya yang bersifat positif, peran kalangan muda (mahasiswa) sangat penting dalam membantu pemerintah untuk menyukseskan berbagai program yang telah di siapkan untuk kemakmuran masyarakat,

Oleh karena hal ini merupakan bagian dari implementasi serta Embel-embel mahasiswa yang sudah melekat dan menjadi slogan "Mahasiswa Juga merupakan Agen Perubahan atau Agent of Change. Terimakasih juga kepada pihak Dekanat Fisip Umuslim, BEM Fisip Umuslim dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini, Ketua Panitia yang diaminin Ketua Himap Fisip Umuslim, Hajina Putri menuturkan.(Red)