Inovasi: Upacara Bendera UPTD SDN I Jeunieb Diwarnai Selawat Badar

Iklan Semua Halaman


.

Inovasi: Upacara Bendera UPTD SDN I Jeunieb Diwarnai Selawat Badar

Redaksi @ reaksinews.id
Selasa, 27 September 2022
Foto: Siswa UPTD SDN I Jeunieb Kabupaten Bireuen, Mengawali Upacara Bendera dengan Lantunan Ayat Suci Al-Qur'an, Senin (26/9)

BIREUEN | Tanpa mengurangi waktu, ketentuan dan nasionalisme, UPTD SDN I Jeunieb Gelar upacara rutin (Senin) diwarnai Bacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Doa dan Salawat Badar pada sesi detik Hening Cipta. Kepsek H. Marbawi, ini salah satu dari Inovasi Kemendikbud tentang Program Merdeka Belajar, Selasa (27 September 2022)

Kepala UPTD SDN I Jeunieb Kabupaten Bireuen, H. Marbawi, S.Pd, MM kepada reaksinews.id menyampaikan, Upacara merupakan agenda rutin dilingkungan pendidikan sedari Tingkatan SD sederajat hingga ke jenjang yang lebih tinggi, baik di provinsi Aceh secara khusus dan Indonesia umumnya.

Namun dalam rangka menindak lanjuti program Merdeka Belajar yang digagas Kemendikbud RI, setiap sekolah terus berbenah dalam menginovasi baik sistem hingga tatanan belajar-mengajar dalam berbagai metode tanpa mengurangi waktu, sifat nasionalisme dan lainnya,  Kata H. Marbawi

Foto: Kepsek, H.Marbawi, S.Pd,MM pada Prosesi Pelaksanaan Upacara Bendera di UPTD SDN I Jeunieb , Senin (26/9)

" Sebagaimana yang dilakukan pada saat Upacara Bendera di UPTD SDN I Jeunieb setiap hari Senin. Lantunan Ayat Suci Al-Qur'an mengawali pelaksanaan kegiatan kemudian disusul dengan Saritilawah, dilanjutkan rangkaian lainnya hingga pada saat "Detik-detik Hening Cipta" disisipi dengan Selawat Badar,

Berbeda dengan lingkungan pendidikan sederajat lainnya yang hanya menghadirkan 3 pasukan untuk pengerek bendera. Sementara di UPTD SDN I Jeunieb selalu mempersiapkan sejumlah 9 siswa/i sebagai pasukan paskibra. dan hal tersebut sudah lama berjalan, Kepsek SDN I Jeunieb memaparkan.

Selain itu, lanjutnya marbawi, rutinitas upacara bendera selalunya turut menghadirkan pihak Muspika Kecamatan Jeunieb yang silih berganti sesuai agenda terdiri dari Unsur Kantor Camat, Polsek, Koramil dan Puskesmas, sebagai Pembina Upacara, dimana hal tersebut merupakan salah satu dari kesepakan (Komitmen)

Dikatakan Marbawi, tujuan dari penerapan doa adalah dalam rangka menindak lanjuti program pemerintah (Mendikbud) menyangkut Program Merdeka Belajar. Oleh karena hal Ini juga termasuk salah satu inovasi dilingkungan sekolah, guna mewujudkan peserta didik yang menghayati nilai-nilai keagamaan sebagai warga negara dan selaku anak bangsa .

UPTD SDN I Jeunieb akan terus berbenah sesuai dengan perkembangan semasa dalam rangka melahirkan peserta didik yang berkompetensi dijenjangnya. Sehingga melalui inovasi baik, lingkungan sehat, metode pendidikan, hingga fasilitas, serta dukungan dari semua dewan guru "Insya Allah" Mutu dan prestasi peserta didik akan menjadi panutan dan percontohan bagi sekolah yang lainnya, H. Marbawi, S.Pd, MM yang juga menjabat Ketua DPD PGRI Bireuen menyampaikan. (Red)