Selamatkan Ekosistem Danau Toba: Pangdam I/BB Gelar Rakor TA 2022

Iklan Semua Halaman


.

Selamatkan Ekosistem Danau Toba: Pangdam I/BB Gelar Rakor TA 2022

Redaksi @ reaksinews.id
Rabu, 07 September 2022
Foto: Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, memimpin Rakor di Gedung AH Nasution, Selasa (6/9)

MEDAN | Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, memimpin Rapat Koordinasi  Penyelamatan Ekosistem Danau Toba Tahun Anggaran 2022 yang digelar di Gedung AH Nasution Makodam I/BB, Selasa (6 September 2022).

Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, M.Si dalam sambutannya menjelaskan, rakor  bertujuan untuk memberi gambaran  tentang kegiatan penyelamatan ekosistem, guna mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas dan mencegah terjadinya fenomena dari sisi penurunan debit air,

" Berkaitan tersebut, output dari rakor ini diharapkan menjadi pedoman bagi stakeholder terkait untuk berkontribusi aktif dalam rangka penyelamatan ekosistem dan mencegah terjadinya fenomena penurunan debit air di Danau Toba itu," Pangdam menjelaskan.

Sementara, Letkol Inf Rico J Siagian, S.Sos menambahkan, rapat koordinasi merupakan bagian dari upaya bersama melakukan reforestasi kawasan ekosistem Danau Toba yang selama ini terus mengalami degradasi.

"Untuk itu, Aksi nyata dari output rakor ini adalah melakukan percepatan dan penanganan dengan melaksanakan regenerasi lahan secara alami dan penanaman kembali. Dengan demikian diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan di kawasan Danau Toba, baik itu untuk kepentingan ekonomi  maupun kesehatan," Kapendam I/BB,  Letkol Rico mengungkapkan

Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Pangdam I/BB turut dihadiri diantaranya, Kapoldasu (diwakili), Sekda Prov Sumut, Danrem 022/PT, para Dadim, para Kapolres dan pihak terkait lainnya.(Pendam I/BB)