Diduga SILUMAN: Pengerjaan Jalan Gampong Alur Nyamuk Tanpa Papan Nama

Iklan Semua Halaman


.

Diduga SILUMAN: Pengerjaan Jalan Gampong Alur Nyamuk Tanpa Papan Nama

Redaksi @ reaksinews.id
Minggu, 16 Oktober 2022
Foto: Pekerjaan Jalan Desa Alur Nyamuk Birem Bayeun, Aceh Timur, Tanpa Papan Nama, Minggu (16/10)

ACEH TIMUR | Proyek fisik di wilayah desa Alur Nyamuk kecamatan Birem Bayeun kabupaten Aceh Timur ada pekerjaan proyek jalan yang tidak ditemukan papan nama alias siluman. Meski sering dipersoalkan publik, akan tetapi tetap saja membandel dengan dibiarkan dan mengabaikan hak publik tentang informasi.

Dengan demikian pelaksanaan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana serta nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaannya.

Foto: Alat Berat Terparkir di Lokasi Pengerjaan jalan, Minggu (16/10)

Namun sayangnya, Peraturan presiden tersebut tidak berlaku di Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur.  Salah satu proyek pengerjaan jalan hingga kini, tidak ditemukan papan nama proyek fisik yang terpasang dan terlihat di lokasi,  pantauan awak media Minggu (16/10/2022).

Sementara beberapa sumber dilokasi ditanyai mengatakan." Kami tidak tahu proyek ini anggarannya berapa sumber dana dari mana dan sampai kapan, serta dikerjakan siapa. Namun dari beberapa keterangan masyarakat menyebutkan, pembangunan jalan Desa Alur Nyamuk ini, Volumenya tidak mencapai 1 Km,

Foto: Truck Pengangkut Material Base Corse ke lokasi Pembangunan jalan Desa Alur Nyamuk (05/10/2022)

" Berdasarkan tidak adanya papan nama proyek yang dipasang di lokasi proyek jalan ini." Mendadak saja ada pekerjaan fisik dan sudah dalam pengerjaan hampir satu bulan. Sejatinya saat proyek dikerjakan perlu ada informasi, walupun hanya sebatas plang nama. Sehingga  tranparansi pembangunan diketahui masyarakat secara umum, barangkali jalan ini dikerjakan oleh Siluman, ujar warga setempat menduga.

Sedangkan di areal pengerjaan dapat dilihat pembangunan jalannya sudah hampar best, serta dua unit alat berat yang parkir dipinggir  jalan pada proyek jalan tersebut.

Sebelumnya pada tanggal (05/10/2022) terlihat juga sejumlah Dum Truck yang bertuliskan Abad jaya diduga mengangkut material jenis Base Corse melintas di jalan Gampong tersebut.(Wr)