PSI Unsam Serahkan Mahasiswa KKN Tematik Tahun 2022 ke Desa Cinta Raja

Iklan Semua Halaman


.

PSI Unsam Serahkan Mahasiswa KKN Tematik Tahun 2022 ke Desa Cinta Raja

Redaksi @ reaksinews.id
Kamis, 03 November 2022
Foto: Mahasiswa PSI-Unsam Laksanakan KKN di Desa Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Rabu (2/11)

LANGSA | Program Studi Informatika Universitas Samudra ( PSI-UNSAM), secara resmi menyerahkan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Tahun 2022 di Desa Cinta Raja Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa. Acara penyerahan tersebut dilaksanakan di Kantor Geuchik Desa Cinta Raja, Rabu (2 November 2022).

Dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) membangun Desa, Program Studi Informatika UNSAM menyerahkan 8 orang Mahasiswa
mereka melaksanakan KKNT di Desa Cinta Raja yang dimulai pada 24 Oktober s/d 15 Januari 2023. 

Tahapan kegiatan dimulai sejak bulan oktober berkaitan Pembekalan mahasiswa oleh dosen prodi Informatika dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kota Langsa Dr. Iqbal,M.Pd. 

Foto: Sejumlah 8 Mahasiswa Prodi Informatika Unsam diserahkanbke Desa Cinta Raja, Rabu (2/11)

Survei Lokasi di dampingi, Mursalin selaku Direktur BUMG Cinta Raja serta sejumlah unsur kepemudaan desa setempat. Kemudian disusul pembuatan Program Kerja, hingga penyerahan mahasiswa ke desa Cinta Raja, Rabu tanggal  2 November 2022 sekira pukul 11.00 WIB. 

Setelah penyerahan dilakukan, para Mahasiswa akan memulai pelaksanaan KKNT dan fokus di Desa selama waktu yang ditentukan. Dan nantinya setiap kegiatan tersebut akan beberapa kali monitoring oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sehingga tiba masa penjemputan pada Januari Tahun 2023 tahun depan

Selaku DPL, Novianda menjelaskan,  KKNT tahun 2022 mengusung Tema “Pemberdayaan Ekowisata dan Produk Unggulan Desa Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Berbasis Digital dengan harapan dapat meningkatkan potensi ekowisata serta produk unggulan dari setiap desa.

KKNT berupa suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa sebelum lulus kuliah,  untuk belajar hidup di tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi serta menangani masalah yang dihadapi mitra, 

Sehingga melalui kegiatan seumpama ini diharapkan dapat mengasah soft skill kemitraan dan kerja sama tim mahasiswa dengan masyarakat desa, selain itu KKNT juga mengkonversi Satuan Kredit Semester (SKS) setara satu semester atau 20 SKS.

Sementara Sekdes Cinta Raja, Sarizal, SHi, MH meyambut baik kegiatan KKNT yang dilaksanakan di desanya, kehadiran Mahasiswa Prodi Informatika semoga berpotensi mengatasi permasalahan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna meningkatkan promosi desa setempat dalam bidang wisata dan produk Unggulan desa, 

Kepada adik-adik mahasiswa yang melaksanakan KKNT diharapakan dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan berbaur dengan masyarakat Desa Cinta Raja.

Prosesi  penyerahan tersebut turut dihadiri antara lain, DPL Novianda, ST, M.Si dan Rizalul Akram, ST, M.Kom,  dari Prodi Informatika UNSAM, Faurizal, ST, MM dari TAPM P3MD Kota Langsa. Selain, Korcam, PD/PLD, serta Unsur perangkat dan LMD  Cinta Raja.(Wr)