Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak Pimpin HUT Satpam ke 42 Sumut

Iklan Semua Halaman


.

Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak Pimpin HUT Satpam ke 42 Sumut

Redaksi @ reaksinews.id
Selasa, 31 Januari 2023
Foto: Kapoldasu Pimpin Upaca HUT Satpam ke 42 (30/1)

MEDAN | Dipimpin langsung, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Polda Sumut menggelar upacara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Senin (30 Januari 2023).

Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya yang dibacakan Kapoldasu mengucapkan," Selamat Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 Tahun 2023,

Kehadiran Satpam telah banyak membantu tugas personel Polri, salah satunya menangani masalah pandemi Covid-19 dengan menyukseskan program vaksinasi di Sumatera Utara. 

"Semoga Satpam semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian, terbatas dan optimal melaksanakan pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat secara Swakarsa," sebutnya.

"Saya juga mengajak para satpam yang mengikuti upacara untuk sejenak mendoakan almarhum Jenderal Pol Awaloedin Djamin yang telah berjasa besar dalam membentuk dan membesarkan satpam hingga sekarang ini," Kapolri mengarahkan dalam amanatnya.

Dalam upacara, Kapolda SUMUT mengungkapkan," Polri menyadari tidak bisa bekerja sendiri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dikarenakan sumber daya yang terbatas. 

Namun potensi masyarakat harus dikembangkan dalam rangka memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan Swakarsa.

"Sebagaimana dicetuskan Jenderal Pol Awaloedin pada era 1980-an melalui ide dan gagasan untuk membentuk pengamanan swakarsa yakni Satuan Pengamanan (Satpam).

Dimana Pembentukan Satpam ketika itu telah didasari penelitian dan studi banding tentang security guards diberbagai negara," ungkapnya

"Sehingga Polri mengeluarkan Perpol No 1 Tahun 2023 atas perubahan Perpol No 4 Tahun 2022 tentang pengamanan swakarsa yang menjadi landasan hukum profesi Satpam. 

Perpol itu juga mengatur tentang perubahan seragam Satpam sebagai modernisasi agar tidak menyebabkan kebingungan di kalangan masyarakat untuk membedakan antara Satpam dan anggota Polri," lanjutnya

Kapoldasu berharap, kehadiran satpam sebagai perpanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa dalam rangka mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

"Menciptakan situasi kondusif merupakan salah satu prasyarat menuju terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia," Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengakhiri amanat Kapolri.

Sementara, Muhammad Rizal selaku ketua Panitia  mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak-pihak dalam mensukseskan upacara perayaan HUT Satpam ke 42 polda sumut tahun 2023 telah terselenggarakan,

Rangkaian upacara turut diwarnai Atraksi beladiri Para Satpam Sumatera Utara sekaligus penyerahan piagam penghargaan kepada satpam berprestasi dan penyerahan piala perlombaan dalam Rangka HUT satpam ke 42,

Upacara yang dipimpin langsung, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak turut dihadiri, para PJU serta ratusan satpam lingkungan Sumatra Utara dan diakhiri dengan sesi foto bersama, Ketua panitia menuturkan.(Ozy)