Sukarela: Warga Serahkan Senpi Rakitan kepada Satgas Pamtas Yonif 645/GTY

Iklan Semua Halaman


.

Sukarela: Warga Serahkan Senpi Rakitan kepada Satgas Pamtas Yonif 645/GTY

Redaksi @ reaksinews.id
Selasa, 31 Januari 2023
Foto: Warga Perbatasan Serahkan Senjata Rakitan jenis Lantak kepada Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha (31/1)

KALIMANTAN BARAT | Dampak baik giat Anjangsana Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Pos Gunabanir, Serangkang dan Pos Kumba Semunying, mendapatkan 1 (satu) pucuk Senjata Api rakitan jenis Lantak dari warga saat pelaksanaan giat pengobatan gratis Door to door di Entikong Kabupaten Sanggau.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, SH dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Selasa (31 Januari 2023).

Dansatgas mengatakan, tugas pokok Satgas Pamtas Yonif 645/Gty menurut Undang-undang nomor. 34 Tahun 2004 tentang TNI yaitu menjaga kedaulatan NKRI, menjaga Pilar Batas Negara dan mencegah masuknya barang-barang Illegal Khususnya Narkotika. 

Tidak hanya itu, Satgas Pamtas juga melakukan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) serta membantu terhadap kesulitan-kesulitan warga masyarakat perbatasan RI-Mly sektor Barat Kalimantan Barat, Ujar Dansatgas

Penyerahan Senjata Rakitan jenis Lantak dari warga secara sukarela, salah sebagai bukti kedekatan antara TNI (Satgas Pamtas) dengan masyarakat di perbatasan yang merupakan hasil dari kegiatan (binter) pembinaan teritorial,

"Dimana hal tersebut berawal dari "Anjangsana' pengobatan gratis kepada warga-warga binaan perbatasan yang gencar dilakukan jajaran pos-pos dari rumah ke rumah (Door to door) setiap hari oleh anggota Satgas Pamtas Yonif 645/GTY, kata Dansatgas

Lanjutnya, Prajurit Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty selalu berupaya menjalankan tugas sebaik mungkin dengan dasar ilmu pengetahuan yang telah dibekali pada saat latihan pratugas di home base, serta Teritorial juga menjadi kunci sesuai kondisi wilayah binaan masing-masing.

“Prajurit tidak memaksa, akan tetapi mengarahkan dan memberikan pemahaman-pemahaman terutama mengenai hukum atau hal lain yang belum dimengerti. Sehingga masyarakat mulai sadar akan kepemilikan barang-barang ilegal seperti senjata tajam maupun senjata api rakitan," sebutnya

Satgas Yonif 645/GTY melaksanakan tugas pengamanan perbatasan (Pamtas) bertekad untuk memberikan yang terbaik, disamping menjalankan tugas territorial dalam wilayah binaan di perbatasan RI-Malaysia. 

Barang bukti senpi tersebut selanjutnya dibawa ke sejumlah pos, diamankan dan diberitahukan kepada para Danki SSK, hingga dilaporkan kepada Komando Atas, Dansatgas mengakhiri.(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha)