Apresiasi Tim Gabungan: Kapolri Tinjau Evakuasi Kapolda Jambi

Iklan Semua Halaman


.

Apresiasi Tim Gabungan: Kapolri Tinjau Evakuasi Kapolda Jambi

Redaksi @ reaksinews.id
Kamis, 23 Februari 2023
Foto: Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo pada konferensi pers di Jambi (21/2)

JAMBI | Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan helikopter yang mendarat darurat akibat cuaca buruk di Bukit Tamiai, Kerinci, Jambi.

Setelah semua penumpang diselamatkan, Sigit menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua tim gabungan yang telah mengerahkan seluruh kemampuannya melakukan evakuasi kepada para korban. 

"Terima kasih atas kerja sama seluruh tim yang telah berhasil melaksanakan evakuasi penyelamatan, selama kurang lebih tiga hari baik tim yang tergabung dalam tim SAR darat maupun tim SAR udara yang telah bekerja keras," ucap Sigit dalam jumpa pers di Posko Merangin, Jambi, Selasa, (21/2)

Sejumlah 949 personel gabungan yang terdiri dari,TNI, Polri, Basarnas, BPBD, BMKG, PMI, Petugas Taman Nasional Kerinci Seblat, tim paramedis, dan masyarakat adat Tamiai dilibatkan dalam proses evakuasi,

"Proses evakuasi tidaklah mudah, mengingat tim gabungan harus berjibaku dengan cuaca ekstrem dan lokasi yang terjal. 

Namun berkat kerja sama dan ketangguhan para tim di hari kedua penyelamatan, kelompok darat maupun udara, berhasil mencapai lokasi dan langsung memberikan bantuan pertama. 

"Alhamdulillah hari kedua bisa diberikan bantuan berupa makanan, obat-obatan dan mendirikan bivak. Kemudian disusul membantu anggota yang terluka," Sigit menerangkan.

Setelah memastikan proses tim gabungan yang berhasil menyelamatkan seluruh penumpang dari helikopter tersebut. Sigit menyempatkan diri bertemu Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang sudah dievakuasi dengan kondisi terakhir dalam keadaan sadar dan stabil. 

"Saya sempat berbincang-bincang dengannya dan sekarang sedang dibawa ke RS Bhayangkara, laporan terakhir mengabarkan dua lagi korban juga sudah dievakuasi, saat ini berada di Gor Merangin. 

Dari jumlah 8 orang yang melakukan pendaratan darurat kemarin, semua telah dievakuasi. Enam di RS Bhayangkara dan dua penumpang masih dirawat di Posko Merangin, papar Sigit 

Sigit menyebutkan," Dengan adanya sinergitas dan soliditas antara personel TNI, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat, hingga proses evakuasi berjalan sangat maksimal. 

"Sekali lagi, selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh tim yang tergabung dan terlibat dalam proses evakuasi penyelamatan. Antusias masyarakat sekitar begitu luar biasa membantu tim. 

Diharapkan seluruh korban dapat kembali pulih setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter yang telah disiapkan.   

"Mohon doa, setelah ini seluruh korban segera kembali sehat dan pulih seperti sediakala. Tentunya, teman-teman dan keluarga di rumah sedang menunggunya, Kapolri mengakhiri.(Red)