Jelang HUT Tuberkulosis se-dunia, PDPI Aceh Gelar Kampanye Bebas TB

Iklan Semua Halaman


.

Jelang HUT Tuberkulosis se-dunia, PDPI Aceh Gelar Kampanye Bebas TB

Redaksi @ reaksinews.id
Minggu, 19 Maret 2023
Foto: Senam Pernafasan mengawali Kampanye Bebas TB PDPI Cabang Aceh di Lapangan Blang Padang(19/3)

BANDA ACEH | Menjelang Peringatan HUT Tuberkulosis se-dunia (24 Maret) Perhimpunan Dokter Paru Cabang Aceh (PDPI) Aceh, menggelar
Kampanye Bebas TB, Giat bersama lintas kesehatan dipusatkan di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh, Minggu (19 Maret 2023)
Ketua PDPI cabang Aceh, dr. Ferry Dwi Kurniawan Sp.P(K) pembukaan kampanye menyampaikan,  pentingnya peran masyarakat dalam memerangi tuberkulosis. Untuk itu diharapkan pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama dalam berupaya mencegah serta mengobati tuberkulosis,

Kampanye ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan pencegahan tuberkulosis.
Pelaksanaan giat diawali Senam pernapasan yang dipimpin langsung instruktur terlatih mulai jam 07:00 hingga 08:00 Wib. Senam ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pernapasan masyarakat dan memperkenalkan metode latihan yang baik untuk mencegah penyakit di sistem pernapasan, kata dr. Ferry

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, dr. Hanif, dan Ketua PPTI Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT. Dimana dalam sambutannya turut menyampaikan, pencegahan dan pengobatan tuberkulosis harus menjadi prioritas utama dalam sistem kesehatan,

Foto: Door prizes Warnai Kampanye Bebas TB PDPI Cabang Aceh (19/3)

Dan menyerukan kepada masyarakat untuk memperhatikan kesehatan pernapasan. Sementara, dr. Hendra Kurniawan Sp.P melalui Talk show juga membahas tentang tuberkulosis berkaitan tanda-tanda, gejala, hingga upaya pencegahan tuberkulosis. 

Seraya memberikan informasi tentang pengobatan dan pentingnya pemeriksaan rutin untuk mencegah penyebaran tuberkulosis, ujar Ketua PDPI.
Serangkaian kampanye disudahi dengan pembagian sertifikat bebas TB kepada 5 pasien yang telah selesai berobat. Ini adalah penghargaan atas upaya mereka dalam memerangi tuberkulosis dan pengobatan mereka yang sukses. 

Selain itu, Kampanye turut diwarnai kuis dan Door prizes sebagai bentuk apresiasi pada ajang edukasi tentang tuberkulosis.

Kampanye Bebas TB turut dihadiri ratusan warga dari berbagai kelompok, selain mahasiswa, tenaga medis dan masyarakat umum. Diharapkan kegiatan Seumpama ini dapat meningkatkan kesadaran dalam membantu memerangi penyebaran tuberkulosis di Aceh dan seluruh Indonesia, Ketua PDPI cabang Aceh, dr. Ferry Dwi Kurniawan Sp.P(K) menuturkan.(Red)