Ukur Capaian Peserta Didik: SMKN 2 Lhokseumawe Gelar UKK

Iklan Semua Halaman


.

Ukur Capaian Peserta Didik: SMKN 2 Lhokseumawe Gelar UKK

Redaksi @ reaksinews.id
Senin, 06 Maret 2023
Foto: Kepala SMKN 2 Lhokseumawe pada pelaksanaan UKK Tahun 2023 (6/3)

LHOKSEUMAWE | Ciptakan Kemampuan dan terampil dalam berkarya dengan mitra usaha, SMKN 2 Lhokseumawe Menggelar UKK Tahun 2223, Dra. Surharyati Uji Kompetensi Keahlian merupakan salah satu kebijakan Pemerintah melalui Kurikulum Belajar, Senin (6 Maret 2023)

Kepala sekolah SMKN 2 Lhokseumawe, Dra Surharyati mengatakan, Uji Kompetensi Keahlian (UKK) salah satu kebijakan pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 

Pelaksanaan Uji Kompetensi digelar dari 6 hingga 9 maret 2023 dimana Ujian ini diikuti 306 peserta didik dàri beberapa jurusan diantaranya,  Multimedia, Tata Kecantikan Kulit (spa) dan rambut, Tata Busana, Perhotelan dan Pariwisata 

Foto: Prosesi Pelaksanaan UKK di SMKN 2 Lhokseumawe (6/3)

"Sejatinya Uji kompetensi juga merupakan program sekolah yang telah lama dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kata Surharyati

Lebih lanjut, Ibu Kepsek menjelaskan, UKK diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang telah menyelesaikan proses pembelajaran, sesuai dengan kompetensi keahlian yang ditempuh, 

UKK digelar pada setiap akhir masa studi yang setara dengan kualifikasi jenjang 2(dua) atau 3(tiga) pada KKNI (kerangka kualifikasi nasional indonesia).

Pelaksanaan UKK turut melibatkan Lembaga Sertifikasi Profesi ( LSP) atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra usaha/ industri, khusus SMKN 2 lhokseumawe, serta  mengundang Asesor eksternal (juri) dari luar daerah. 

Dari hasil uji ini akan menjadi indikator ketercapain standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stak holder, hasil UKK akan dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. 

Bagi lulusan SMK diharapkan mampu dan terampil dalam berkarya dengan mitra usaha baik secara individu maupun berkelompok,

Uji kompetensi keahlian sebagai suatu bidang yang mencakup pengetahuan, keterampilan, kemampuan, kepribadian, pengalaman, serta karakteristik yang berguna untuk hasil akhir dalam proses belajar, Kepala SMKN 2 Lhokseumawe menjelaskan. (Samsul)