Ombudsman RI dan Perwakilan Aceh: Pantau Pelayanan Haji 2023

Iklan Semua Halaman


.

Ombudsman RI dan Perwakilan Aceh: Pantau Pelayanan Haji 2023

Redaksi @ reaksinews.id
Jumat, 02 Juni 2023

Foto: Ombudsman RI dan Perwakilan Aceh Pantau Pelayanan Haji Tahun 2023 (1/6)

BANDA ACEH | Selaku lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI turut mengawasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2023. Kepala Bidang Pencegahan, Ilyas Isti, pengawasan sedari pelayanan hingga keberangkatan di bandara, Jumat (2 Juni 2023)

Asisten Ombudsman dari KU VII, Rezky Septianto mengatakan, Pengawasan terhadap jemaah haji terfokuskan dibeberapa titik, antara lain Asrama Haji, Bandara atau Embarkasi.

Di Aceh, Tim Ombudsman RI Pusat yang juga dibantu oleh Tim Ombudsman Perwakilan Aceh turut melakukan pengawasan disekitaran Asrama Haji Banda Aceh, hingga ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar.

"Kami melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan ibadah haji di Aceh, terkhususnya di Asrama Haji dan Bandara," sebut Rezky 

"Berdasarkan pemantauan, pelayanan ibadah haji tahun ini sangat baik, pihak Ombudsman melakukan pengawasan mulai dari proses pembagian 'Baitul Asyi' penyerahan Pasport, pelayanan kesehatan, pelayanan asrama, pelayanan menuju bandara dan sejumlah pelayanan lainnya.

"Di asrama, kami melihat tempat tidurnya layak, kemudian air bersih juga tersedia dan bagi yang lansia ditempatkan pada kamar bagian bawah,

Demikian pula pelayanan dapur dan restoran juga baik, selanjutnya untuk pelayanan kesehatan juga sangat baik, Asisten Ombudsman dari KU VII menuturkan.

Sementara Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dian Rubianty melalui Kepala Bidang Pencegahan, Ilyas Isti menyebutkan, pelayanan jemaah haji tahun ini mendapati sejumlah saran perbaikan dari Ombudsman telah dilaksanakan oleh pihak penyelenggara tahun 2023.

"Alhamdulillah ada perbaikan dari saran tahun sebelumnya yang dilakukan oleh penyelenggara haji tahun ini antara lain, ketersediaan bus yang memiliki toilet. Sehingga memudahkan jamaah yang berada di dalam bus yang sudah dilakukan "Immigration Clearance" sebut Ilyas yang ikut langsung mendampingi tim dari Ombudsman Pusat.

"Sepertimana terlihat pada pelayanan kesehatan, kita juga mengecek obat-obatan, Alhamdulillah aman dan tidak ada yang kadaluarsa,

"Karena tahun ini merupakan ibadah haji ramah lansia, Ombudsman juga mengecek semua proses pelayanannya dan Alhamdulillah semua jamaah lansia dilayani dengan baik oleh petugas," lanjut Ilyas.

Tidak hanya itu, Ombudsman juga melakukan pengawasan pelayanan hingga keberangkatan di bandara. Berdasarkan pemantauan, semua berjalan dengan baik.

"Kami ikut pengawasannya sampai ke bandara dan melihat langsung jamaah dilayani dengan baik oleh petugas," Tidak ada jamaah yang pegang koper, semua diantar oleh petugas baik yang dibagasi maupun di cabin pesawat," Ilyas Isti mewakili Kepala Ombudsman perwakilan Provinsi Aceh menjelaskan.(AFZ)