Pacu APBDes: Operator Gampong se-Gandapura Dilatih Siskeudes

Iklan Semua Halaman


.

Pacu APBDes: Operator Gampong se-Gandapura Dilatih Siskeudes

Juwaini
Senin, 28 Agustus 2023
Foto: Sejumlah 40 Operator Gampong se-Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, Ikuti pelatihan Siskeudes (28/8)

BIREUEN | Dalam rangka memacu Progres APBDes dan menindak lanjuti Amanat Mendagri Nomor 20 tahun 2018, Sejumlah 40 operator Gampong Se-Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen ikuti pelatihan dan penguatan input data aplikasi Siskeudes, Senin (28 Agustus 2023).

Sebagaimana di diamanatkan dalam peraturan Mentri dalam Negeri no.20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa serta peraturan Bupati  Bireuen nomor 1 tahun 2019 tentang pengelolaan dana gampong maka kecamatan Gandapura input beberapa data keuangan di aplikasi Siskeudes.

Kasi PMG Kecamatan Gandapura Arbaiyah A.Md mengatakan, konsep e-commerce dan layanan pemerintah Gampong untuk memberikan informasi transparansi publik terhadap aktivitas Gampong terutama terkait keuangan APBDes.

"Untuk memicu Progres APBDes terhadap perkembangan keuangan gampong, para operator desa perlu dikuatkan pemahaman lagi walaupun sebelumnya mereka semua sudah pernah dilatih, sebut Arbaiyah.

Siskeudes merupakan aplikasi alur pendistribusian atau perkembangan keuangan desa yang selama ini di kerjaan untuk memicu pengajuan DD Tahap III dan BLT tahap ke tahap yang masih sangat kurang dilaporkan ke aplikasinya.

"Pelatihan se hari penuh ini, salah satu dari instruksi Pemerintah Kabupaten Bireuen kepada semua Kecamatan, mengingat hingga hari ini masih ada Gampong yang belum melaporkan perkembangan Keuangannya dalam aplikasi" tutup kasi PMG kecamatan itu.

Operator mengikuti acara penginput data itu untuk lebih mendalami lagi aplikasi Sistem Keu­angan Desa (Siskeudes) di Balai desa kecamatan setempat, 

Pelatihan selama satu hari ini untuk menambah pengetahuan dalam mengupdate data keuangan terbaru secara menyeluruh terkait aplikasi dan data lain setiap Gampong yang harus di input oleh para operator desa,

Mengingat operator gampong selaku pengelola setiap aplikasi pengelolaan bantuan dana Gampong harus memiliki kemampuan dan pemahaman yang memadai tentang pengoperasian aplikasinya

Penguatan Siskeudes sehari melibatkan pendamping desa secara langsung melatih operator yang membawahi masing-masing Gampong, Arbaiyah yang juga selaku panitia pelatihan menuturkan.(AAP/Red)