Peduli Keasrian Alam, Spotmar Lantamal IV Tanam Mangrove di Sei Gong Pulau Galang

Iklan Semua Halaman



.

Peduli Keasrian Alam, Spotmar Lantamal IV Tanam Mangrove di Sei Gong Pulau Galang

Juwaini
Kamis, 24 Agustus 2023
Foto: Spotmar Lantamal IV Batam Tanami Manggrove di Sie Gong Pulau Galang, (24/8)

BATAM | Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lantamal IV Batam melanjutkan program penanaman mangrove secara serentak oleh TNI AL yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kegiatan penanaman mangrove kembali digelar dengan menanam 2000 bibit mangrove di kawasan Sei Gong, Pulau Galang, Kamis (24 Agustus 2023).

Mewakili Danlantamal IV Batam, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IV Batam Kolonel Laut (KH) Mohammad  Ikhsan S.Kom., menyebutkan kegiatan ini merupakan kepedulian TNI AL dengan keasrian wilayah sungai Gong (Sei gong) P.Galang guna menunjang kehidupan biota laut yang bisa dimanfaatkan nelayan maupun masyarakat setempat.

"Tentu kami peduli dengan keindahan alam dan keasrian di kawasan ini. Oleh karena itu kami mengajak masyarakat  sadar dengan keseimbangan lingkungan." Tanaman mangrove bisa meminimalisir adanya pemanasan global. Jika ekosistem laut terjaga, tentunya berdampak pada pendapatan masyarakat dan nelayan. Ekonomi bisa bangkit," jelasnya.

Dari tempat terpisah Danlantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr. Opsla mengatakan "Tentu dengan campur tangan dari pemerintah secara intens dalam kegiatan menjaga kawasan mangrove akan memberikan dampak dan hasil yang signifikan dalam meningkatkan area hutan mangrove yang sehat di suatu kawasan," pungkasnya.

Kegiatan Penanaman Mangrove itu diawali dengan pengarahan dan pembagian tugas oleh Mayor Marinir Waluyo sebagai Kordinator Lapangan (Korlap) yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubdis Binpuan Dispotmar Lantamal IV.

Kegiatan tersebut melibatkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra wilayah Batam,  anggota Pramuka Saka Bahari binaan Dispotmar Lantamal IV dan masyarakat setempat.  (Ace Darma)