TP PKK Paloh Kaye Kunyet Latih Masyarakat Merangkai Ranup

Iklan Semua Halaman


.

TP PKK Paloh Kaye Kunyet Latih Masyarakat Merangkai Ranup

Juwaini
Selasa, 05 September 2023
Foto: Keuchik Gampong Paloh Kaye Kunyet memberi pengarahan pada pelatihan Merangkai Ranup (4/9)

BIREUEN | Dalam upaya peningkatan ekonomi dan kreativitas masyarakat, Pokja II Tim PKK Desa Paloh Kaye Kunyet Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen melatih kaum Ibu-ibu MERANGKAI RANUP, Senin (4 September 2023)

Mengigat berbagai Program desa dapat di anggarkan dari APBdes sesuai post masing-masing baik fisik maupun kegiatan sosial, Tim PKK untuk Desa Paloh Kaye Kunyet, rutin  mengadakan Posyandu, Paud, belajar Ketrampilan Jerit Buah, Puding sale dan merangkai ranup hingga beberapa giat ketrampilan melalui giat Prakan (kotak bawaan manten).

Keuchik Paloh Kaye kunyet Yusri (51) dalam sambutannya mengatakan ketrampilan merangkai daun ranup dan buah lainnya bukanlah hal baru bagi warga setempat, sejatinya melalui kesempatan ini diharapkan masyarakat dapat belajar lebih bagus berkaitan penataannya yang cantik hingga dapat digunakan pada sebuah even atau acara kapan-kapan saja diperlukan.

Foto: Pelatihan Merangkai Ranup oleh TP PKK Gampong Paloh Kaye Kunyet Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen (4/9)

"Gunakan kesempatan ini baik-baik agar ibu-ibu nantinya ada kemampuan dalam merangkai, sehingga saat mampu membeli perangkat pribadi nanti dapat membawa pulangan (hasil) yang ekonomis" sebut Keuchik Yusri

Sementara Ketua Pokja I PKK, Wahyuni mengatakan, serangkaian pelatihan guna mengajari para ibu-ibu untuk lebih kreatif, terutamanya lingkungan pengurus PKK.

Sehingga setiap karya yang dikembangkan nantinya akan berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi dan masyarakat Gampong Paloh Kaye Kunyet, kata Wahyuni.

Pelatihan hari ini disesuaikan kebutuhan dan kesepakatan bersama, karena sebelumnya pun sudah pernah dilakukan beberapa kegiatan berupa ketrampilan berkaitan Tazyid Mayat ataupun fardhu kifayah,

Diharapkan dengan adanya pelatihan seumpama ini, nantinya akan dapat membawa masyarakat Paloh Kaye Kunyet kearah yang lebih kreatif, baik dan sejahtera, Ketua Pokja I PKK yang ikut didampingi, Muhammad Idris selaku pendampi desa setempat. (Red)