Dibuka Ketua Tuhapeut: Gampong Cot Rabo Baroh Gelar MusrenbangDes

Iklan Semua Halaman


.

Dibuka Ketua Tuhapeut: Gampong Cot Rabo Baroh Gelar MusrenbangDes

Redaksi @ reaksinews.id
Selasa, 28 November 2023
Foto: MusrenbangDes Gampong Cot Rabo Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen (27)

BIREUEN | Tentukan Prioritas pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat dan ketentuan Permendes, Gampong Cot Rabo Baroh Kecamatan Peusangan gelar MusrenbangDes. Ketua Tuhapeut, Usulan menjadi Acuan Penggunaan Dana Desa untuk Tahun mendatang, Selasa (28 November 2023)

Muchtar Budiman selaku Ketua BPD (Tuhapeut) dalam Pembukaan MusrenbangDes mengatakan, perencanaan pembangunan Desa Cot Rabo Baroh 2023 untuk menentukan prioritas usulan di tahun 2024 mendatang, namun tentunya semua melalui mekanisme atau peraturan yang sudah ditetapkan.

"Saya berharap pada musrenbang kali ini, hendaknya setiap program pembangunan usulan perlu dirancang sebaik mungkin, karena rencana pembangunan perioritas ini merupakan hasil rembukan bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat  Gampong Cot Rabo Baroh nantinya" papar Ketua BPD.

Berdasarkan Hasil musyawarah, setiap usulan prioritas Gampong (Desa) Cot Rabo Baroh ini sebagai acuan untuk pembangunan di tahun 2024 mendatang, baik dalam bentuk pemberdayaan masyarakat maupun fisik menjadi program prioritas nasional sesuai Permendes No 7 Tahun 2023, sebut Muchtar budiman.

Sementara Kasi Pemerintahan Kecamatan Peusangan, Rahmad Syah, S.sos berharap pelaksanaan pembangunan di Desa Cot Rabo Baroh, Sejatinya memperhatikan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dalam penggunaan anggaran dana desa. Tentunya harus sejalan dengan pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor :18 tahun 2018 dalam hal pemberdayaan masyarakat desa.

"Masyarakat juga turut memantau dan mengawasi pembangunan agar pelaksanaan sesuai sebagaimana diusulkan" katanya.

Kepala Desa (Keuchik) Cot Rabo baroh Rishadi didampingi, Rizwan S.Ag (PLD) mengatakan dirinya berharap masyarakat selalu memberikan masukan dan saran, terutama terkait pelaksanaan pembangunan dari alokasi Dana Desa. Sehingga semua rencana program kerja yang di sampaikan dalam Musdes dapat terlaksana.

MusrenbangDes digelar di Meunasah setempat, Senin (27/11) di hadiri Muspika Kecamatan Peusangan, Pendamping Desa, Tokoh masyarakat, Tuhapeut, kader posyandu, tokoh Agama, serta Pemdes dan Pemuda Gampong Cot Rabo Baroh.(MI)