Amankan Nataru, Satgas Humas Polri Gelar Apel Kesiapsiagaan

Iklan Semua Halaman


.

Amankan Nataru, Satgas Humas Polri Gelar Apel Kesiapsiagaan

Redaksi @ reaksinews.id
Senin, 18 Desember 2023
Foto: Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho memastikan kesiapsiagaan Satgas Pengamanan Nataru (18/12)

JAKARTA| Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho pimpin upacara gelar pasukan Kesiapan siagaan Satgas Humas Polri Ops Lilin 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Dalam keterangannya, Irjen Sandi mengatakan, Pengamanan Nataru dilaksanakan melalui Operasi Lilin 2023/2024 akan digelar mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dengan mengerahkan sejumlah 129.923 personel.

Diperkirakan puncak arus kendaraan terjadi pada tanggal 22 hingga 23 Desember 2023. Sementara arus balik diantara tangga 26-27 Desember 2023. Namun Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas, mulai dari Contra flow, hingga One way.

Dalam Operasi tersebut, Satgas Humas melakukan kegiatan mulai dari tahapan pengawalan, pelaksanaan hingga berakhirnya Operasi Lilin 2023," kata Sandi, Senin, 18 Desember 2023 

Personel Humas Polri harus memperkuat sinergitas bersama stakeholder lain dan memasifkan sosialisasi aturan yang diberlakukan selama libur Nataru.

"Mengimbau kepada pemudik untuk melaporkan rumahnya yang ditinggalkan, ke kantor Polisi terdekat, sehingga nantinya dapat dilakukan patroli setelah terdata,

Dijelaskannya," Polri juga menyediakan lokasi parkir di setiap Kantor Polisi bagi pemudik yang mau menitipkan kendaraannya. Tentunya, selama perjalanan mudik dan perayaan tahun baru, masyarakat juga mengutamakan keselamatan,

Pada peringatan malam pergantian tahun, aktifitas masyarakat banyak aktifitas di tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan dan pusat hiburan. Untuk itu, perlu ada pengamanan ekstra pada titik-titik kumpul tersebut, sehingga masyarakat dapat merasakan keamanannya.

Perubahan cuaca yang memasuki musim hujan juga menjadi antisipasi pengamanan kali ini. Polri telah menyiapkan Satgas kontijensi Ops Aman Nusa sebagai upaya kesiapan apabila terjadi bencana alam.

Sebagaimana instruksi Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, pengamanan Nataru berbeda untuk tahun ini, dikarenakan bersamaan dengan tahapan Pemilu 2024.

Tentunya seluruh masyarakat bersama-sama mengedepankan persatuan dan kesatuan, meskipun  diantaranya ada perbedaan. Namun, Polri, TNI, dan stakeholder berperan memastikan pengamanan Nataru dan tahapan pemilu berjalan sebagaimana telah jadwalkan, Kapolri berpesan, sebut Kadivhumas.(Samsul)