Deklarasi Pemilu Damai, GP Ansor Sumut Larang Kader Sebar Berita Hoax

Iklan Semua Halaman


.

Deklarasi Pemilu Damai, GP Ansor Sumut Larang Kader Sebar Berita Hoax

Redaksi @ reaksinews.id
Sabtu, 16 Desember 2023
Foto: PW GP Ansor Sumatera Utara menggelar Istighosah dalam rangka mendukung Pemilu Damai tahun 2024 (16/12)

SUMATRA UTARA | Menjelang tahapan Pemilu, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Sumatera Utara (PW GP Ansor Sumut) gelar istighosah dan deklarasi Pemilu damai tahun 2024 di Komplek Veteran, Jalan Vetpur Raya I, Dusun XI, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (16 Desember 2023) 

Ketua PW GP Ansor Sumut, H. Adlin Tambunan, ST., M.SP., dalam sambutannya mengatakan, Istigasah bertujuan untuk menyatukan dan menyerasikan tekad GP Ansor Sumut menciptakan kedamaian dan menjaga kekondusifan Pemilu 2024.

Istighosah dan deklarasi pemilu damai itu mengusung thema "Pemilu Damai, Cerdas dan Berintegritas".

"GP Ansor melarang kadernya membuat suasana keruh, menyebar berita hoax maupun fitnah yang menimbulkan perpecahan, hingga merusak persatuan dan kesatuan, kata Adlin pada kesempatan itu

"Pemilu tahun 2024 kita harus menyambutnya dengan damai sukacita dan tanpa riak-riak yang membuat kita menjadi terpecah belah. Mari kita sama-sama mewujudkan pemilu yang damai, sama-sama kita menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif," ucap Ketua PW GP Ansor Sumut itu dengan tegas. 

Sementara, Ketua MUI Deli Serdang, K.H. Amir Panatagama, dalam tausyiahnya mengatakan menjaga kedamaian merupakan sunnatullah. Sebab menurutnya, dalam Alquran ada 9 ayat yang menyarankan serta mendukung agar manusia ciptaan Allah subhanahu wa ta'ala untuk mengkondisikan situasi damai di bumi. 

"Kedamaian atau menciptakan situasi damai itu adalah bagian daripada sunnatullah sunah Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ucap Kyai yang memimpin MUI Deli Serdang itu. 

Diketahui, poin-poin deklaris PW GP Ansor Sumut yang dibacakan oleh Adlin meliputi:

1. Siap melaksanakan Pemilu 2024, yang damai dan sejuk untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat, 

2. Siap mendukung segala bentuk peraturan yang berlaku, serta mendukung penyelesaian permasalahan Pemilu tahun 2024 sesuai koridor hukum, 

3. Siap menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan provokatif, menghasut, ujaran kebencian, serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilu 2024, dan

4. Siap menciptakan situasi dan kondisi tetap sejuk di wilayah Sumatera Utara serta terus bersinergi dengan TNI/Polri dalam upaya menjaga stabilitas keamanan. 

Usai kegiatan istighosah yang dirangkai dengan deklarasi Pemilu damai tahun 2024, Adlin kepada wartawan saat diwawancarai kembali menegaskan bahwa pihaknya telah siap mendukung Pemilu Damai 2024.

"Kader-kader GP Ansor Sumatera Utara, siap mensukseskan Pemilu damai tahun 2024. Kami mengajak kawan-kawan, sahabat-sahabat seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk membuat suasana aman yang kondusif, tidak ada berita-berita bohong dan fitnah-fitnah," pungkasnya.

Istighosah turut dihadiri, 
Ketua GP Ansor Serdang Bedagai, Suhar Endang, Ketua GP Ansor Tebingtinggi, M Anshari Akbar, ST., Ketua GP Ansor Deli Serdang, Juliadi Yahya Pulungan, Ketua GP Ansor Langkat, Abdul Majid, Ketua GP Ansor Medan, Husein Tanjung dan Ketua GP Ansor Binjai, Atlan Fahrozi beserta ratusan kader GP Ansor dari masing-masing daerah. (RZ)