Polri dan Penyedia Jasa Telekomunikasi, Deklarasi Pemilu Damai

Iklan Semua Halaman


.

Polri dan Penyedia Jasa Telekomunikasi, Deklarasi Pemilu Damai

Redaksi @ reaksinews.id
Rabu, 13 Desember 2023
Foto: Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) deklarasi Pemilu Damai bersama Polri (13/12)

JAKARTA | Polri melalui Divisi Humas menggelar deklarasi Pemilu Damai bersama Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Irjen Sandi Nugroho, perbedaannya cukup di TPS saja, apapun itu adalah pilihan bangsa yang terbaik, Rabu (13 Desember 2023 )

Kadiv Humas polri, Irjen Sandi Nugroho menerangkan kolaborasi demi menjaga persatuan dan kesatuan di tengah hiruk pikuk pemilu menjadi sangat penting. Di sisi lain, masyarakat harus terus diedukasi bahwa berbeda pilihan menjadi hal yang biasa.

“Maka dari itu, beda kita 'perbedaannya' cukup di TPS saja, apapun itu adalah pilihan bangsa yang terbaik,” ungkapnya"

Ditegaskan Kadiv Humas, Irjen Pol sandi Nugroho, menjaga pemilu agar berjalan damai menjadi tugas seluruh elemen masyarakat. Oleh karenanya, di ruang digital maupun di kehidupan nyata semangat persatuan harus terus digelorakan.

Lebih lanjut dijelaskan, literasi digital harus terus dimasifkan. Untuk itu, peran penyedia jasa telekomunikasi harus saling bahu-membahu demi menciptakan etika bermedsos yang baik di masyarakat.

Sebagaimana pesan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, bahwa pesta demokrasi harus dilakukan dengan suka cita dalam kesatuan. Sebab, Pemilu 2024 adalah pemilihan pemimpin yang akan mewujudkan cita-cita bersama, yakni Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045. 

“Prinsip kita bersama lebih baik mencegah daripada mengobati,” tutur Kadiv Humas.

Sementara itu Sekjen ATSI Marwan O. Baasir menjelaskan,penyedia jasa telekomunikasi berada di posisi netral dalam Pemilu 2024. Hal itu bahkan tertuang dalam aturan dari Kemenkominfo.

“ATSI itu netral, kami mendukung Pemilu Damai, tidak terafiliasi partai apapun,” ungkapnya.

Ditambahkan Wakil Ketua ATSI sekaligus Presdir Smart Telcom, Merza Fachys, iklim di ruang digital memang perlu dikendalikan agar pemilu damai bisa terwujud. Dia pun memastikan ATSI bersama seluruh penyedia jasa telekomunikasi siap mendukung pemilu damai.

“Kami siap apabila pada hal-hal yang nantinya butuh pengendalian khusus dalam bidang telekomunikasi, apabila terjadi hal hal negatif nantinya,” jelasnya.

Usai berdialog, seluruh perwakilan penyedia jasa telekomunikasi pun membacakan poin deklarasi berikut:

Kami penyelenggara layanan telekomunikasi seluruh Indonesia menyatakan dan berkomitmen untuk;

1. Mewujudkan Pemilu tahun 2024 sebagai sarana integrasi bangsa

2. Melaksanakan Pemilu tahun 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil

3. Menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

4. Mematuhi Semua peraturan dan ketentuan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dan

5. Mendukung dan membantu jajaran TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta mewujudkan gelaran Pemilu tahun 2024 yang aman, sejuk, damai, dan bermartabat. 

Ada lima perwakilan perusahaan telekomunikasi yang menghadiri deklarasi pemilu damai ini.

Turut hadir Wadirtipid Siber Bareskrim, Kabagopsnalkom Rotekkom DivTIK Polri, Kasubdit Propaganda Dit Kamsus Baintelkam Polri, dan para Karo serta Kabag di jajaran Humas Polri.(Samsul)