Gandapura: Kecamatan Perdana Sosialisasi Perbup Bireuen Nomor 55 Tahun 2023

Iklan Semua Halaman


.

Gandapura: Kecamatan Perdana Sosialisasi Perbup Bireuen Nomor 55 Tahun 2023

Redaksi @ reaksinews.id
Senin, 19 Februari 2024
Foto: DPMG P-KB, Sosialisasi Perbup Bireuen Nomor 55 Tahun 2023 di Kecamatan Gandapura (19/2)

BIREUEN-REAKSINEWS.ID | Pastikan pelaksanaan pembangunan Gampong sesuai pos penganggaran, DPMG P-KB Sosialisasi Perbup Bireuen Nomor 55 Tahun 2023. Kegiatan berpusat di Grand Area Hotel dan diikuti Keuchik se-Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Aceh, Senin (19 Februari 2024)

Sosialisasi Peraturan Bupati Bireuen Nomor 55 Tahun 2023 diprakarsai DPMG P-KB digelar di Kecamatan Gandapura diikuti, Keuchik, Tuhapeut, Pendamping Desa dan Pendamping lokal Desa dan dibuka langsung oleh Camat Azmi S.Ag.

Sekretaris DPMG-PKB Irmawati SP.M.Lingk dalam paparan materinya menekankan." Perlu diperhatikan terhadap  
kewenangan Gampong untuk setiap pelaksanaan pekerjaan atau kegiatan harus berlandaskan Qanun Gampong.

Demikian pula penanganan Stanting dimana saat ini di setiap Gampong sudah ada Tim Pendamping Keluarga (TPK)." Mereka mendampingi Keluarga Stanting sebagaimana tertuang dalam Perbup, karena disana sudah tertera besaran operasional untuk TPK, kata Sekdis.

Sebelumnya Kabid Pemberdayaan Juliadi, SE memaparkan butir-butir serta poin dalam Perbup yang masih menjadi perbincangan untuk pelaksanaan penyusunan APBDes Tahun 2024, 

Ada beberapa pos penganggaran yang menjadi perioritas dan itu wajib dikerjakan diantaranya, penanganan Kemiskinan Ekstrim dalam bentuk BLT maksimal 25%, Ketahanan pangan 20% dan sisa persentasenya untuk Penanganan Stunting.

Berkaitan honor perangkat dan unsur kelembagaan lain itu masih sama, cuma sub bidang sumber saja dibedakan dengan adanya SK Tim untuk kegiatan dan perihal.

Untuk operasional Tuha peut dan Tgk Imum Desa tidak lagi di ambil dari ADG akan tetapi dari DD. Sementara Keuchik dan perangkat tetap di Pos ADG sebagaimana tertuang di Surat Edaran Bupati dalam lampiran Perbup.

Dalam diskusi tersebut Keuchik Keudee Lapang, Nurdin bin Dagang berharap di tahun 2024 dapat diselenggarakan kembali Bimtek untuk para Keuchik yang lebih mendalam tentang tupoksi dan Tanggung jawab jabatan,

Dengan catatan pelaksanaan itu dilakukan di Kecamatan atau kabupaten, kemudian tentang pengembangan Posyantek Desa harus lebih kuat dan efektif agar secara cepat dapat mendongkrak ADG atau pendapatan asli desa, sebut Keuchik Nurdin.

Sosialisasi Perdana Perbup Bireuen Nomor 55 Tahun 2923 dihadiri Camat Gandapura Azmi S.Ag, Ketua Apdesi Mauladi, Kasi PMG Arbaiyah, S.Sos serta Kasi Pemerintahan Kecamatan Fadli S.Sos dan Narasumber dari Sekretaris DPMG-PKB Irmawati SP.M.Lingk, dan perwakilan  Petinggi lain dari DPMG Bireuen.(MI)