Peran Aktif Multi Stakeholder Hadapi Masa Tenang

Iklan Semua Halaman


.

Peran Aktif Multi Stakeholder Hadapi Masa Tenang

Redaksi @ reaksinews.id
Kamis, 08 Februari 2024
Foto: Rapat Koordinasi Peran Multi Stakeholder sukseskan pemilihan umum Tahun 2024 (8/2)

BIREUEN-REAKSINEWS.ID | Sukseskan Pemilu Damai Tahun 2024, Panwaslu Kabupaten Bireuen menggelar rapat koordinasi menguatkan Peran Aktif Multi Stakeholder, pembahasan meliputi strategi pengawasan hari tenang dan penertiban APK, Kamis (8 Februari 2024)

Rahmad, S.Sos, M.AP pada sambutan pembukaannya menjelaskan, salah satu strategi Panwaslu Kabupaten Bireuen dalam pengawasan hari tenang meliputi penertiban alat peraga kampanye (APK). Sebagaimana hal tersebut telah disepakati bersama pada rapat koordinasi dan pertemuan sebelumnya,

Dan pada pertemuan ini, Kamis (8/2) untuk menyepakati serta menguatkan kembali koordinasi dengan pemangku kepentingan menyangkut Penertiban APK, distribusi logistik kertas suara, hingga memastikan kondisi kesehatan para penyelenggara, dimana dalam hal ini akan di bantu tim dari Dinkes, kata Ketua Panwaslih Kabupaten Bireuen.

Pj Bupati Aulia Sofyan PhD melalui Asisten I Muliadi SH MM menyebutkan, pemerintah telah melakukan serangkaian sosialisasi kepada masyarakat kabupaten Bireuen berkaitan ilmu dan pendidikan politik. Dan inilah Peran Aktif Multi Stakeholder menghadapi Masa Tenang dalam menyukseskan Pemilu Damai 2024,

Pemerintah Kabupaten Bireuen sepenuhnya mendukung dan siap membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilu sesuai tupoksi dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, baik itu masa Tenang hingga penertiban APK, sebut Asisten I Bireuen mewakili Pj Bupati.

Sementara, AKBP Jatmiko SH MH menyampaikan, Kepolisian Resor Bireuen siap menciptakan situasi aman damai serta pengamanan lainnya untuk ketertiban dalam menyelenggarakan even Nasional ini. 

"Kepolisan Resor Bireuen telah pun menyelenggarakan Simulasi dan Apel bersama yang melibatkan instansi pemerintah, lintas elemen masyarakat hingga ulama, serta pengamanan Gudang dan tempat penyelenggaraan pemilihan suara TNI-Polri sesuai SOP untuk mensukseskan Pemilu 2024, kata Kapolres Bireuen.

Munawal Hadi SH MH meriwayatkan, hingga sejauh tahun ini belum ada kasus penyelenggaraan Pemilu yang sampai hingga ke ranah pengadilan. Tentunya sebagian besar masyarakat Bireuen sudah punya pengetahuan terkait pemilu,

Sekiranya pun itu terjadi, Kejari akan bertindak tegas sebagaimana kasus-kasus lainnya yang telah diproses hingga ke sanksi hukuman. Dan itu dapat di pastikan seperti penanganan perkara lain sebelumnya, Kajari Bireuen menegaskan.

Letkol Inf. Ade Munandar dalam kesempatan yang sama menyatakan komitmennya." Kodim 0111 dan Jajaran Siap mem-backup pengamanan pelaksanaan Pemilu tahun 2024,

Memastikan pengamanan dengan menempatkan dua personel (Babinsa) untuk setiap TPS di semua Gampong, hingga proses perhitungan suara selesai. Dimana pemantauan ini juga dilakukan bersama kepolisian, komit Dandim 0111/Bireuen.

Rapat koordinasi, Kamis (8/2) di Aula Hotel Fajar turut dihadiri, Forkopimda Bireuen, Perwakilan KIP, Kadis Kesehatan, Perwakilan Kesbangpol, Panwaslu dan panwascam, undangan lainnya.(MI)