Temui Ketua DPRA, Keuchik Panton Bili Sampaikan Aspirasi Petani

Iklan Semua Halaman


.

Temui Ketua DPRA, Keuchik Panton Bili Sampaikan Aspirasi Petani

Redaksi @ reaksinews.id
Senin, 05 Februari 2024
Foto: Pertemuan Keuchik dan Tokoh masyarakat Gampong Paya Bili Kecamatan Pandrah dengan Ketua DPRA Zulfadhli, A.Md di salah satu warkop Keude Samalanga.(5/2)

BIREUEN-REAKSINEWS.ID | Bertahun mengandalkan sumber Air Hujan, Keuchik Gampong Paya Bili Kecamatan Pandrah sampaikan aspirasi masyarakat petani kepada Ketua DPR Aceh. Zulfadhli, A.Md, Insya Allah akan dimasukkan dalam rencana pembangunan Tahun Anggaran 2024, Senin (5 Februari 2024)

Keuchik (Kades) kepada Ketua DPR Aceh mengatakan, kondisi petani padi di Gampong Paya Bili tidak dapat menanam padi secara reguler, dikarenakan tidak tersedianya saluran air irigasi. 

Bertahun-tahun masyarakat petani menanam padi dengan hanya mengandalkan air hujan (Tadah hujan). Sehingga Kesenjangan itu mengakibatkan sejumlah 25 hektar sawah, telah beralih fungsi dan diantaranya banyak yang telah dijadikan kebun. 

" Memang Irigasi melintasi Gampong Panton Bili, namun air tidak mengalir ke sawah masyarakat. Bertahun-tahun rakyat saya hanya mengandalkan air hujan. Bahkan dalam kondisi cuaca ekstrim seperti beberapa tahun terakhir, petani tidak bercocok tanam, kata Keuchik

Selain itu, infrastruktur jalan di Gampong Paya Bili juga bermasalah, kondisi sarana transportasi sudah sangat sulit untuk dilalui masyarakat.

"Sarana transportasi (Jalan) dan irigasi telah menahun menjadi persoalan utama di Gampong Paya Bili, kata Keuchik Heri yang diamini sejumlah tokoh gampong setempat.

Menyikapi keluhan tersebut " Ketua DPRA Zulfadhli, A.Md seketika menyahuti aspirasi yang disampaikan Keuchik Heri, seraya mengatakan akan memasukkan rencana pembangunan setelah pemilu 2024.

" Ya, akan saya masukkan dalam program kerja setelah pemilu nanti, Insya Allah, Politisi Partai Aceh berkomitmen.(Red)