Terbaring Stroke: Dokter Alga Kembali Kunjungi Wartawan Sakit

Iklan Semua Halaman


.

Terbaring Stroke: Dokter Alga Kembali Kunjungi Wartawan Sakit

Redaksi @ reaksinews.id
Selasa, 06 Februari 2024
Foto: dokter Saiful Bahri (dokter Alga) memberikan pelayanan kesehatan kepada Abdul Mukti di Desa Blang Guron Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen (6/2)

BIREUEN-REAKSINEWS.ID | Peduli Kesehatan masyarakat, dokter Saiful Bahri kunjungi dan beri pengobatan kepada Wartawan. Abdul Mukti menderita stroke dan komplikasi diabetes terbaring di Gampong Blang Guron Kecamatan Gandapura Bireuen, Selasa (6 Februari 2024).

Abdul Mukti seorang wartawan cetak liputan Bireuen terbitan Medan menderita stroke dan komplikasi diabetes sejak beberapa tahun terakhir. Aktivitasnya terbatas, untuk duduk maupun ke Toilet harus ada yang memapahnya.

Dokter Saiful didampingi sejumlah relawan mendatangi kediaman Abdul Mukti untuk kali kedua guna pemeriksaan kondisi wartawan senior di lingkup kabupaten Bireuen yang telah bertahun-tahun terbaring kaku akibat penyakit yang dideritanya,

Kedatangan sang dokter muda itu dengan sejumlah perlengkapan medis berupa alat tensi, USG, Kolesterol Check dan Asam Urat, serta melakukan terapi oral hingga pemberian obat minum.

Dokter Alga sapaannya, kepada keluarga Abdul Mukti menerangkan," Stroke itu terjadi tatkala pasokan darah ke otak mengalami gangguan, dimana saat itu aliran darah berkurang hingga mengakibatkan penyumbatan (stroke iskemik)

Juga berakibat pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) dikarenakan tanpa adanya pasokan darah. Seketika itu otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati,

Dengan kondisi seperti itu, tentunya akan menyebabkan bagian tubuh dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik, sebagaimana dialami Abdul Mukti saat ini, kata dokter Alga.

Dalam kunjungannya, dokter Alga terus menyemangati Abdul Mukti dan keluarga untuk yakin penyakit yang dideritanya akan berangsur membaik dan sembuh. Dan saya akan mengupayakan sebuah kursi roda supaya pasien dapat duduk maupun beraktivitas diluar,

dokter Alga menyarankan ada baiknya Abdul Mukti mendapatkan terapi sinar ultraviolet diluar ruangan." Jangan dikamar terus-terusan, sebutnya.

Berkaitan kondisi dan penderitaan Abdul Mukti." Saya akan  berkoordinasi dengan H. Ruslan Daud Anggota DPR-RI Komisi V yang beberapa waktu lalu juga pernah menjenguknya,

Sekiranya perawatan di sini kurang maksimal baik dari sisi alat maupun obat-obatan, nanti akan diupayakan berobat ke luar negeri karena kondisinya saat ini sudah sangat lemah. 

Seperti terlihat pada otot-otot di sisi wajah yang menurun hingga sulit untuk berbicara, sendinya kaku dan karena terjadi pengapuran pada sendi dan ini harus segera di tangani." Kata dokter muda itu yang juga salah satu Caleg DPR Aceh Dapil Bireuen Partai Kebangkitan Bangsa.(MI)