Warga Disabilitas Bireuen Berikan Hak Pilih ke TPS

Iklan Semua Halaman


.

Warga Disabilitas Bireuen Berikan Hak Pilih ke TPS

Redaksi @ reaksinews.id
Rabu, 14 Februari 2024
Foto: Warga Disabilitas ikut berikan hak pilih ke TPS di Halaman Meunasah Gampong Geulanggang Teungoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen (14/2)

BIREUEN-REAKSINEWS.ID | Dukung dan sukseskan pemilu damai tahun 2024S warga manula dari puluhan kaum Disabilitas ikut memberi hak pilih ke TPS di Desa Glanggang Teungoh, Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, Rabu (14 Februari 2024)

Warga Disabilitas ramai-ramai ikut ke TPS pada hari pemilihan Rabu 14 Februari 2024. Salah seorang warga Disabilitas Ikhwani (32) memberikan hak pilih (mencoblos) di TPS 4 dari 10 TPS dengan DPT 2735 dan DPT Tambahan 2% setiap satu TPS di Glanggang Teungoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen.

Sementara Muhammad Taib Ibrahim (95) yang Cacat parah di Kaki, meskipun harus berjalan dengan bantuan Walker (Alat Bantuan Manula) juga ikut mencoblos di TPS dan Gampong  yang sama.

Diketahui Gampong Geulanggang Teungoh telah pun di Canangkan sebagai Desa Inklusi Peduli Disabilitas beberapa bulan lalu dengan 88 anak Disabilitas terdiri dari, Tuna rungu, Tuna netra, Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Autis, Down Syndrome dan Mental ganda, 

Sebagian dari para difabel di antar keluarga ke TPS dan ada juga yang tidak ikut memilih, dikarenakan statusnya remaja dan belum dewasa.

Ikhwani salah satu warga Disabilitas yang tinggal bersama Ibunya Nurhayati (72) selama ini mendapat sosial BLT, Baitul Mal dan bantuan dari Gampong lain.

Menempati rumah semi permanen sederhana berukuran 6×7 meter di tanah waqaf Desa untuk  kemakmuran meunasah, Ikhwani bersama Ibunya tinggal dan berteduh untuk sementara.

Ketua TPS Gampong Geulanggang Teungoh, Zulfahmi mengatakan di Gampong Geulanggang Teungoh terdapat, warga berstatus Disabilitas, ODGJ dan Lansia yang ikut memberikan hak pilih pada pemilu tahun 2024, dimana mereka Autis didampingi keluarga saat ke TPS.

Prosesi pemilu di Gampong Geulanggang Teungoh mendapat pengawasan langsung Keuchik, Ibrahim S.Ag, Penyelenggara dan perangkat Gampong sedari awal hingga perhitungan suara berlangsung.(MI)