Abi Lancok: Ramadhan Bulan Kompetisi Internasional Dunia Akhirat

Iklan Semua Halaman


.

Abi Lancok: Ramadhan Bulan Kompetisi Internasional Dunia Akhirat

Redaksi @ reaksinews.id
Minggu, 17 Maret 2024
Foto: Abi Muhammad Salem H Lancok  bertindak sebagai  penceramah Ba'da Subuh di Mesjid Agung pada Minggu,17 Maret 2024 (ke- 7 Ramadhan 1445 H). 

BIREUEN-REAKSINEWS.ID | Ratusan jamaah subuh nampak larut dalam penyampaian tausiah Abi dilancok yang begitu menarik serta sangat menyentuh.

Abi Muhammad Salem H lancok, diketahui merupakan warga kota Langsa timur yang saat ini tinggal di Lancok sebagai pimpinan Dayah Madinatuddiniyah Babul Muarif lancok

Dalam tausiah menyebutkan, bulan Ramadhan merupakan sebuah kompetisi Internasional Dunia akhirat yang di dalam perlombaannya akan banyak tantangan dan cobaan untuk menuju jawara mendapatkan gelar Muttaqin, 

Sebagaimana digambarkan Allah Swt dalam Surah Ali Imran 134-135 adalah orang yang sadar atas segala kesalahan dan dosa, serta berkomitmen untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut (taubat).

Serta penceramah bercerita sedikit diskusi Iblis dengan Nabi Yahya bahwa iblis akan mengajak umat manusia sebanyak-banyaknya untuk ikut bersama iblis, kepada Nabi Yahya, abu murrah ( sebutan nama iblis yang berdialog dengan Nabi) mengatakan juga dia, iblis red. akan selalu berada di sisi manusia pada empat situasi.

Pertama: ketika manusia Marah saat itu akan terus saya jadikan tensitas emosi meningkat maka akan banyak hal yang akan terjadi.

Kedua: saat Senang atau bahagia saat itu dia manusia akan saya jadikan sombong, angkuh atau lainnya.

Ketiga: saat situasi Sedih saat itu akan iblis tingkatkan imun sedih manusia sampai ada yang putus asa dengan rahmat Allah.

Ke empat: Saat manusia Susah, nah saat itu merupakan saat yang tepat untuk aku iblis red. Merasuki pikiran dan jiwa mereka untuk berbuat yang Allah membencinya.

Itulah ucapan  terimakasih abu murrah (Iblis red) kepada nabi Yahya karena iblis yang telah meminta dan memohon kepada Allah untuk dapat menerima Taubat karena Allah mengutuk dan melaknat iblis tidak mau menyembah Adam.

Hingga abu murrah (iblis yang bertemu nabi Yahya) meminta kembali kepada Allah melalui Nabi Yahya, Singkat Cerita Nabi Yahya memohon kepada Allah dan menyampaikan permintaan abu murrah, Allah akan menerima taubatnya jika Iblis  Mau bersujud di Fusara (makan) Adam di Dunia.

Abu murrah (iblis) yang sombong hanya mengatakan di surga saja tidak mau bersujud apalagi di dunia (Fusara) nya.

Namun ucapan terimakasih abu murrah karena Nabu Yahya sudah memohon dan menyampaikan permintaannya hingga abu murrah mengatakan didalam 4 situasi tersebut, diantara Manusia pasti ada iblis.

Penceramah mengajak para jamaah untuk menjaga situasi ke empat tersebut untuk mampu di kelola dengan hati dan selalu ber wuduh' saat marah,

"Jangan terlalu bahagia atau senang kemudian jangan juga sedih berlebihan, saat susah atau ada masalah abi lancok mengatakan,"apa masalahnya besar ingat kita ada Allah yang Maha besar",ucap Abi lancok dengan penuh ajakan.

Terakhir penceramah berharap kepada semua jamaah untuk lebih kuat melewati kompetisi Ramadhan apa lagi bagi yang sudah melatih diri saat Bulan Rajab dan Sya'ban semoga kita mendapat gelar Muttaqin.(MI)