Kominfo Bireuen Sosialisasi Tanda Tangan Digital di Gandapura

Iklan Semua Halaman


.

Kominfo Bireuen Sosialisasi Tanda Tangan Digital di Gandapura

Redaksi @ reaksinews.id
Kamis, 07 Maret 2024
Foto: Diskominfo Bireuen Sosialisasi sistem aplikasi tanda tangan Digital di Kecamatan Gandapura (7/3)

BIREUEN-REAKSINEWS.ID | Pemberlakuan 
penggunaan tanda tangan digital akan membuat kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Bireuen menjadi lebih ringan dan cepat. Azmi S.Ag, QR-Code mengurangi ketergantungan kertas maupun tinta, bisa dimana dan kapan saja, Kamis (7 Maret 2024)

JFU Pranata Komputer Ahli Muda, Bidang TIK dan E-goverment, Diskominfo Bireuen, Vika Novita SE menyebutkan," Seorang Kepala Dinas maupun Sekretaris tidak perlu lagi repot menandatangani dokumen secara manual dalam jumlah besar. 

Sementara proses penandatanganan dokumen tersebut sudah bisa dilakukan dengan QR-Code dari berbagai daerah, tanpa harus terus-menerus berada di kantor. Pengoperasian 24 jam dan relatif mudah karena terhubung langsung ke handphone, katanya.

Tanda tangan digital berpotensi mencegah terjadinya tindakan pemalsuan, karena menggunakan Quick Response Code (QR-Code). 

"QR-Code secara otomatis akan mengidentifikasi dan mengetahui apakah tanda tangan tersebut asli atau bukan", Sekiranya berasal dari fotokopian dan bukan berasal dari sistem yang dipilih, maka tidak akan keluar nama ataupun Nomor Induk Kepegawaian (NIK), Vika Novita menjelaskan

Tanda tangan digital asli akan diketahui jika itu berasal dari sistem yang telah disetujui," ujar Vika pada pelatihan dan sosialisasi langsung terkait tanda tangan digital Kabupaten Bireuen, di ruang kerja Camat Gandapura, Kamis (07/3).

Dipaparkan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) adalah OPD pertama menggunakan Tanda Tangan Digital, selanjutnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Dinas Kependudukan, kemudian Dinas Pencatatan Sipil hingga semua Dinas dan Badan dilingkungan pemerintah Kabupaten Bireuen.

Sebelumnya, Camat Gandapura Azmi S.Ag mengatakan, Tanda Tangan Elektronik secara langsung dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan kertas dan tinta, karena bisa ditandatangani dimana dan kapan saja,

Pemberlakuan sistem TTE ini sudah mulai berlaku di tingkat Kabupaten Bireuen dan untuk selanjutnya akan disosialisasikan sistem aplikasi dalam tanda tangan digital barcode hingga ke semua Kecamatan, kata Camat Gandapura.(MI)