Ramadhan 1445, M. Husen Tempati Rumah Bantuan DKK dan Kemensos

Iklan Semua Halaman


.

Ramadhan 1445, M. Husen Tempati Rumah Bantuan DKK dan Kemensos

Redaksi @ reaksinews.id
Kamis, 14 Maret 2024
Foto: Rumah Layak Huni Tahan Gempa Bantuan Kementerian Sosial dan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) di Kecamatan Darul Aman Aceh Timur (**)

ACEH TIMUR, REAKSINEWS.ID | Kepala Keluarga di Desa Seuneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh kini telah menempati rumah layak huni tahan gempa, Kamis (13 Maret 2024)

M. Husen salah satu dari penerima bantuan rumah mengaku, terharu dapat menempati rumah layak huni tahan gempa bertepatan Ramadhan 1445 tahun ini. 

Dimana sebelumnya kondisi rumah M. Husen tidak layak untuk dihuni, namun sekarang sudah direnovasi oleh Kementerian Sosial dan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK).

M. Husen beserta istri dan ketiga anaknya telah puluhan tahun menempati rumah tidak layak huni yang berdinding papan kayu dan berlantai tanah.

"Kondisi rumahnya dulu sangat jelek sekali, dindingnya dari papan kayu, lantainya belum di cor masih tanah, sekarang Alhamdulillah sudah bagus", ungkap M.Husen.

M.Husen mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial dan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) atas bantuan rumah tahan gempa yang telah diberikan dan dapat ia dan keluarga tempati di Bulan Ramadhan kali ini. 

Rumah bantuan tersebut dibangun dengan dilengkapi ruang tamu, 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. 

"Alhamdulillah saya sangat senang, bersyukur dan terimakasih mendapat bantuan rumah dari Kemensos yang telah dibangun sejak tahun lalu. 

Jika puasa tahun kemarin masih proses pemasangan batako (pembangunan), puasa sekarang akhirnya bisa kita tempati rumahnya” jelas M.Husen

M.Husen berstatus sebagai pekerja harian lepas di kebun getah (karet) milik orang dengan penghasilan Rp. 80 ribu - Rp. 100 ribu per hari. 

Selain mendapatkan bantuan rumah, M.Husen juga mendapatkan bantuan usaha warung kelontong berupa rempah-rempah dan kebutuhan usaha warung. Bantuan ini sebagai tambahan modal untuk keluarga M.Husen agar mendapatkan penghasilan tambahan untuk kebutuhan sehari-harinya.

"Sekarang sudah mempunyai rumah yang bagus dan bantuan warung kelontong, alhamdulillah senang," kata M.Husen

Sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini pada (28/2) menyerahkan bantuan Rumah Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) dan Kemensos senilai Rp. 1,922 miliar dalam rangka pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) bagi 11 kepala keluarga di desa Seuneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Pembangunan rumah ini berdasarkan hasil scanning media yang dilakukan Kementerian Sosial. Sehingga selanjutnya Kemensos membangun rumah layak huni yang tahan gempa ini. 

"Bukan hanya 3 rumah yang dilaporkan di media scanning, tetapi ternyata juga ada tetangga sekitar yang kondisi rumahnya rusak. Akhirnya kita sepakati kita bantu 11 unit rumah” Ungkap Mensos.(Razali)