Sosok Guru Pilihan Dibalik Tabir Soft Skill dan Literasi

Iklan Semua Halaman


.

Sosok Guru Pilihan Dibalik Tabir Soft Skill dan Literasi

Redaksi @ reaksinews.id
Sabtu, 02 Maret 2024
Foto: Hasan Basri S.Pd, MM

BIREUEN-REAKSINEWS.ID 
Hamparan Alam semesta tidak hanya sebatas menawarkan keindahan, namun didalamnya berjejeran sejuta kesempatan yang luar biasa. Dengan membuka pintu hati dalam diri serta tanamkan kemauan mempelajari isi dari alam,

Tentunya kita bisa mendapatkan berbagai macam pengetahuan, mengembangkan keterampilan hingga menjadi pribadi yang lebih bijak dan peduli terhadap lingkungan.

"Membaca dan teruslah membaca untuk menggapai informasi dan pengetahuan, membaca bisa juga dilakukan melalui interaksi dengan alam, 

Dan dipastikan Alam memberikan banyak pengetahuan, mengajari kita tentang kehidupan, peradaban, kebersamaan, kekuatan, bahagia, sedih, ceria dan alam juga mengajarkan kita dengan sebuah aktivitas murka. 

Buku menjadi sebuah Jurnal (catatan) yang akan dibaca secara terus-menerus hingga silih berganti generasi. 

"Orang hebat menulis gagasan serta buah pikir dan dijurnalkan dalam bentuk sebuah buku, supaya bisa di baca oleh banyak orang,

Meskipun hari ini kita belum memiliki kemampuan menulis untuk sebuah catatan karya," Toh lagi mengabadikannya menjadi buku,  

"Tidak ada salahnya dengan pengetahuan dan karya yang sedia ada kita miliki berpotensi memberikan kontribusi cerdas lewat sebuah tulisan, ataupun membudayakan bacaan dan jurnal yang di tulis orang. 

Penulis itu berusaha untuk mensubsidi waktunya untuk sebuah pengetahuan, penelitian, menulis artikel, jurnal dan banyak lainnya yang mengajak kita untuk berfikir. 

Membaca mengajak kita untuk hidup di segala zaman, mengajak kita keliling dunia dengan sebuah informasi dan pengetahuan  dari hasil bacaan. 

Demikian pula di lingkungan dunia pendidikan, "Guru memiliki peran penting dalam membangun peradaban pengetahuan. 

Kehadirannya tidak sebatas menyampaikan informasi, tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis yang saban waktu ditanamkan dalam jiwa para siswa.

Etnis Tionghoa (cina) kerap mengatakan," jangan pernah percaya kepada orang yang membaca informasi 4 hari lalu 'itu  berpotensi merugikan kita, 

Karena setiap saat informasi dunia terutamanya di bidang ekonomi selalu bergulir dan berputar cepat, sebagaimana harga emas yang kadangkala berubah dalam seketika.

Membaca bukan hanya tentang  menambah pengetahuan dan memperluas wawasan tetapi juga dapat membantu meningkatkan soft skills penting dalam kehidupan pribadi dan profesional.

"Kenapa guru tidak di rindukan oleh siswa/i saat mereka berada di kelas, bukan karena mereka (guru) tidak punya kemampuan menguasai disiplin ilmu profesionalnya tetapi di karenakan kemampuan soft skill yang dimilikinya tergolong masih rendah. 

Secara tidak langsung dapat disimpulkan." Guru yang selalu aktif membaca, tidak hanya sebatas mendapat pengetahuan dan wawasan tapi juga akan menambah kemampuan berkomunikasi, berfikir kritis, berempati, kreatifitas, imajinasi serta kemampuan beradaptasi.

Sungguh naif, sekiranya ada sosok 'Guru' berhasrat ingin di cintai  siswa/i disetiap kelas, namun pada kenyataan mereka tidak pernah berusaha mengupdate pengetahuannya secara berkala setiap saat.

Gerakan literasi sekolah seharusnya tidak sekadar untuk meng-upgrade siswa/i, seiring waktu berjalan juga berpotensi me-review wawasan para dewan pendidikan itu sendiri. 

Sejatinya 'Guru' jangan hanya sebatas bisa memberikan contoh kepada para anak didikan, melainkan harus bisa mencontohi setiap aktifitas yang berpotensi meningkatkan pengetahuan. 

Dewasa ini ,kita menaruh harapan besar kepada Generasi Millenial abad 21, sementara ketika melihat aktifitas mereka sungguh sangat jauh dari yang kita impikan, hanya beda Tipis dengan Millenial yang kerap mencari hal hal menyenangkan bersifat sesaat. 

Sepertinya, kondisi seperti ini, memerlukan Upgrade juga bagi dewan guru dalam berliterasi dan membaca guna memahami suatu kondisi hingga dapat memberikan sebuah solusi.  

Guru itu adalah manusia pilihan Allah SWT sebagai utusan untuk terus menggaungi pendidikan, mengajar, membimbing serta mengevaluasi setiap aktivitas siswa/i. 

Dan sosok Guru Pilihan itu selalu berdampingan dengan informasi yang terupdate dibalik tabir Soft Skill dan Literasi 

Teruslah membaca sehingga perasaan malas dan bosan seiring terhakis," Bangkit dan lihatlah aktifitas di sekeliling kita yang terus berpacu dalam melodi untuk penambahan pengetahuan.

Jeunieb, 2 Maret 2024
Penulis: Hasan Basri, S.Pd, M.M
Kepala SMAN 1 Simpang Mamplam
Bireuen - Aceh
Editor: Juwaini