Daurah Ramadhan di Mesjid Hasanul Basri Cot Tubee Berakhir

Iklan Semua Halaman


.

Daurah Ramadhan di Mesjid Hasanul Basri Cot Tubee Berakhir

Redaksi @ reaksinews.id
Sabtu, 06 April 2024
Foto: Abah Rasyidin menyerahkan penghargaan kepada peserta juara Daurah Ramadhan di Mesjid Hasanul Basri Gampong Cot Tubee Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Aceh (6/4)

BIREUEN-REAKSINEWS.ID |  Berlangsung sejak 14 Maret 2024 6 April 2024 (4-26 hari puasa) Daurah Ramadhan 1445 Hijriah di Mesjid Hasanul Basri Gampong Cot Tubee Kecamatan Gandapura berakhir, Jumat (5 April 2024)

Daurah Ramadhan ditutup secara langsung oleh, Abah Rasyidin selaku Imum Syik di Mesjid Hasanul Basri Gampong Cot Tubee Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Aceh.

M Husen SE mengatakan, Daurah Ramadhan merupakan salah satu kegiatan setiap tiba bulan suci Ramadhan atau sering di sebut dengan Pesantren Kilat.

Untuk Desa Cot Tubee, Daurah Ramadhan diadakan di Mesjid Hasanul Basri untuk Uji Kompetensi membaca Alquran serta Tartil lengkap dengan Tajwid  dan di ikuti oleh anak-anak seputaran Gampong lingkungan Kemesjidan, sebut Keuchik yang baru terpilih di penghujung tahun 2023 lalu itu

Sebanyak 96 peserta yang ikut kompetisi dari sejumlah Gampong dipadu langsung oleh 10 orang Guru pembimbing, 

"Daurah Ramadhan bertujuan untuk mencetak insan Qurani sebagai wadah/tempat memperdalam Ilmu Agama dengan mengisi kegiatan Pengajian dan lainnya di bulan Ramadhan" kata keuchik Cot Teubee

Kegiatan mulia seumpama ini akan berlanjut setelah Idul Fitri dalam bentuk pengajian Rutin terkait tatacara membaca Alquran dengan bidang-bidang yang telah diuji dalam pelaksanaan Daurah Ramadhan tahun ini.

Tgk Muhammad Ikhyia dari Dayah Darussa'dah Cot Puuk juga mengatakan" Ada Tiga Cabang yang di Uji dalam setiap pelaksanaan Daurah Ramadhan diantaranya, Tahfizd Alquran, Tilawatil Qur'an dan Tahsin Quran.

Untuk Daurah Ramadhan di Gampong Cot Tubee, panitia menghadirkan 2 orang Juri yaitu, Ustazah Nafsiah Dewi dari Kantor PTQ/MTQ Kabupaten Bireuen dan Ustazah Nurul hidayah dari Kecamatan Gandapura.

Dari 14 besar peserta yang ikut kompetisi akan di dipilih 3 orang satri laki dan 3 orang santri perempuan sebagai juara dan mendapatkan penghargaan. Sementara setiap peserta yang telah mendaftarkan diri, 

"Tentunya akan mendapatkan sertifikat sebagai penghargaan atas partisipasi dan kesediannya menjadi peserta Daurah Ramadhan, TGK syawal Fitra selaku Ketua Panitia menjelaskan.(MI/Fadel)