Kepala KUA Juli Isi Kultum Ba'da Dhuhur Di Mesjid Agung

Iklan Semua Halaman


.

Kepala KUA Juli Isi Kultum Ba'da Dhuhur Di Mesjid Agung

Redaksi @ reaksinews.id
Kamis, 04 April 2024
Foto: Tgk H Mursal M.Nur S.Hi, MH isi Kultum Ramadhan bakda Dhuhur di Mesjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen (2/4)

BIREUEN-REAKSINEWS.ID | Tgk H Mursal M.Nur S.Hi, MH, Sepuluh amalan dibulan Ramadhan untuk meraih gelar Taqwa kepada Allah SWT. Baginda Rasulullah Saw menghidupkan malam Ramadhan dengan Ber'itikaf,

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Juli saat mengisi Kultum/Ceramah bakda Dhuhur 
dalam Kuliah Tujuh Menit (Kultum) 
pada ceramahnya di Mesjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen, Selasa (2 Maret 2024).

Dalam kesempatan Kultum nya, Tgk H Mursal M.Nur S.Hi, MH menyebutkan, Sekurang-kurangnya ada 
Sepuluh Amalan dan syafaat Ibadah Ramadhan menuju capaian Gelar Taqwa, diantaranya;

1. Memperbanyak Sedekah, Rasulullah SAW bersabda, "Shadakah yang paling utama adalah Shadakah di Bulan Ramadhan. (HR. Tarmidzi) 

2. Memberi Jamuan (Takjil) Buka Puasa, Rasulullah SAW bersabda," Barang siapa yang menjamui untuk berbuka puasa, maka mendapat pahala sebesar pahala orang-orang yang dijamuinya itu. Rasulullah SAW juga bersabda, 

"Barang siapa yang menjamui orang yang berbuka puasa dengan makan dan minum yang halal, niscaya berdo'a baginya Malaikat Jibril pada malam Qadar.

3. Memperbanyak Tilawatil Qur'an, Rasulullah SAW sangat banyak membaca Al-Qur'an, karena Al-Qur'an akan mensyafaati pembacanya, lebih-lebih lagi dibacakan (Tadarus) selama bulan Ramadhan, Rasulullah bersabda, 

"Dan berkatalah Al-Qur'an, Aku telah melarangnya tidur di malam hari (untuk membaca aku) maka kami syafaahkan dia.

4. Memperbanyak Doa & Zikir," Tiga do'a yang tidak tertolak, yaitu Doa Imam yang adil, Doa orang yang berpuasa dan Doa-doa orang yang dizalimi.(HR. Tarmidzi) 

5. Shalat Qiyamu Ramadhan yaitu Shalat Tarawih yang dilaksanakan di Mesjid, Meunasah dan Tempat ibadah lainnya.

6. Shalat Witir." Dibulan Ramadhan, shalat Witir disyariatkan secara berjamaah, di seluruh dunia ummat Islam berwitir setelah shalat Qiyamu Ramadhan (Tarawih) dan yang sering dilakukan tiga rakaat. 

" Akan tetapi api bukan dalam artian tidak boleh lebih tiga rakaat karena shalat witir maksimal sebelas rakaat.

7. Shalat Lima Waktu Berjamaah, pentingnya Para Shaaim merawat shalat lima secara berjamaah dengan tepat waktu, sehingga selama bulan Ramadhan tidak ada satu waktu pun dilakukan tanpa berjamaah,

"Ramadhan merupakan bulan yang Agung dan penuh barakah, satu amal shalih digandakan tujuh puluh kali amal wajib di bulan yang lain. (HR. Ibn Khuzalmah)

8. Shalat Dhuha, Dibulan Ramadhan hendaknya kita usahakan berdhuha tiap pagi, dengan cara ini insya Allah akan merasa rugi di luar Ramadhan jika tanpa berpagi dengan shalat Dhuha. 

Shalat dhuha minimal dikerjakan dua rakaat dan maksimal delapan rakaat. Waktunya dari jam 7.30 sampai sebelum tengah hari, dimana pada setiap shalat dilakukan dua-dua rakaat.

9. Menjaga Lidah dari bicara dusta, mengupat, mengadu domba, mencaci maki serta berusaha sekuatnya untuk menghindari diri dari perbuatan dosa kecil dan dosa besar. 

Rasulullah bersabda, "Barang siapa tidak mau meninggalkan bicara dusta dan berbuat dosa, maka Allah tidak memerlukan dia untuk tinggalkan makan dan minum (berpuasa)." (HR. Bukhari)

10. Beri'tikaf di Masjid pada 10 Terakhir Ramadhan, sementara pada 20 Ramadhan ke atas sangat dituntut malam-malamnya kita beri'tikaf di masjid dalam rangka berusaha mendapatkan Lailatu Qadar. 

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila sudah masuk sepuluh akhir Ramadhan, Baginda menghidupkan malam-malam itu dengan ber'tikaf serta mengajak istri-istrinya dengan sungguh-sungguh dan sangat bersahaja." (HR. Bukhari dan Muslim).

Inilah 10 Amalan yang perlu dipastikan oleh segenap ummat Islam selama menjalankan ibadah puasa di setiap tibanya bulan suci Ramadhan, 

selalulah ber istiqamah, tingkatkan ibadah melalui ubudiah dan perbuatan apa saja  yang sudah di jelaskan sesuai tatanan dalam menjalankan perintah Allah selama bulan suci Ramadhan, ujar Tgk H Mursal M.Nur S.Hi, MH (MI/Fadel)