Pj Bupati Bireuen: Pimpin Upacara HUT Satpol PP-WH ke 74

Iklan Semua Halaman



.

Pj Bupati Bireuen: Pimpin Upacara HUT Satpol PP-WH ke 74

Redaksi @ reaksinews.id
Senin, 29 April 2024
Foto: Pj Bupati, Aulia Sofyan, Ph.D bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT Satpol PP Ke-74, HUT Satlinmas Ke-62 dan HUT Wilayatul Hisbah (WH) Ke-21 di Pendopo Bupati Bireuen (29/4)


BIREUEN|REAKSINEWS.ID - Mendagri, Tito Karnavian dalam Pidato tertulisnya yang dibacakan Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan PhD menyampaikan, salam sekaligus apresiasi serta penghargaan kepada seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di seluruh Indonesia, atas dedikasi dan loyalitas selama ini.

Melalui momentum Hari jadi HUT ke 74 Satpol PP dan Satlinmas tahun ini (2024) diharapkan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, masyarakat dan pemerintah terus ditingkatkan dengan semangat kompetensi serta profesionalitas yang semakin mumpuni guna menunjang tugas pokok serta fungsi operasional di lapangan, harap Mendagri.

Awal mula terbentuknya Satpol PP pada tahun 1948 yang disebut dengan Detasemen Polisi Pamong Praja Keamanan Kapanewon, berperan untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat pada masa mempertahankan kemerdekaan di wilayah Jawa dan Madura. 

Foto: Pelepasan Balon ke Udara warnai Peringatan HUT ke 74 Satpol PP-WH di Pendopo Bupati Bireuen (29/4)

Kemudian tanggal 3 Maret 1950 berdasarkan Keputusan Mendagri No.UP.32/2/21 berubah nama menjadi Kesatuan Polisi Pamong Praja. Hal ini yang menjadi latar belakang penetapan tanggal 3 Maret ditetapkan sebagai Hari Jadi Satuan Satpol PP.

Sementara Satlinmas juga tidak terlepas dari latar belakang sejarah panjang sedari masa pemerintahan Hindia Belanda, yang dibentuk dengan nama Lucht Bescherming Deints (LBD) sebagai organisasi masyarakat untuk menghadapi serangan dari Jepang sekitar tahun 1939. 

Kemudian pada zaman kependudukan Jepang, organisasi ini berperan hingga ke lingkungan masyarakat terkecil dalam bentuk Gumi atau Rukun Tetangga,

Foto: 5 (lima) ASN di Satuan Polisi Pamong Praja dan WH Kabupaten Bireuen Terima Penghargaan aras peran serta salam pelaksanaan tugas.(29/4)

Setelah masa kemerdekaan,Lucht Bescherming Deints (LBD) diberi nama Pertahanan Sipil (Hansip) yang ditetapkan melalui Keputusan Wakil Menteri Pertama Urusan Pertahanan/ Keamanan Nomor MI/A/72/62 pada tanggal 19 April 1962 tentang Peraturan Pertahanan Sipil. 

Kemudian pada tahun 2002, Hansip kemudian berubah nama menjadi Linmas (Perlindungan Masyarakat). Kendati diubah dari Hansip menjadi Satlinmas tetap tidak mengubah tugas, fungsi dan peran dalam melindungi masyarakat, Mendagri meriwayatkan.

Dalam Pidatonya, Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan PhD mengucapkan," Selamat Hari jadi Satpol PP KE-74, Satlinmas ke-62 dan Wilayatul Hisbah yang ke-21 Tahun 2024. Kami yakin seluruh personil tentunya siap dengan tanggung jawab tugas sebagai ladang amal untuk bekal di akhirat kelak,

Tingkatkan profesionalisme serta kapasitas aparatur, sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah guna tercapainya tujuan Wilayah Tertib Dan Ramah Investasi Melalui Satuan Polisi Pamong Praja Dan Satuan Perlindungan Masyarakat serta Wilayatul Hisbah Yang Profesional dan ber-Syariat, harap Aulia Sofyan.

Seusai upacara tersebut, Pj. Bupati, Aulia Sofyan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 5 (lima) orang ASN di Satuan Polisi Pamong Praja dan WH Kab. Bireuen aras peran serta salam pelaksanaan tugas masing-masing.

Pada kesempatan upacara ini, Pj. Bupati Bireuen juga menyerahkan SK PPPK kepada 529 orang yang lulus pada Tahun 2023. 

Tidak hanya sampai di situ, HUT ke 74 Satpol PP-WH juga dirangkai bakti sosial dalam bentuk DONOR DARAH yang dipusatkan di Alun-alun Kota Juang, 

Upacara Peringatan HUT ke 74 Satpol PP-WH Tahun 2024 dipusatkan di Pendopo Bupati Bireuen dengan dihadiri, Kapolres, Dandim 0111, Kejaksaan, PN, Ketua DPRK, SKPK, serta Tokoh, segenap personil Satpol PP-WH dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bireuen.(**)