Bimtek SIKS-NG: Tingkatkan Kapasitas Operator Desa se-Gandapura

Iklan Semua Halaman



.

Bimtek SIKS-NG: Tingkatkan Kapasitas Operator Desa se-Gandapura

Redaksi @ reaksinews.id
Selasa, 07 Mei 2024
Liputan: Muhammad Idris

Foto: Bimtek Peningkatan Kapasitas Operator Gampong se-Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Aceh (7/5)

BIREUEN|REAKSINEWS.ID - Pelatihan dan penguatan kapasitas terkait Sistem informasi sosial next genaration untuk Operator gampong se kecamatan Gandapura dilaksanakan pada hari Selasa 07 Mei 2024 di Aula Dinas Sosial Bireuen.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas sosial Ismunandar, ST MT yang diwakili oleh Sekretaris Alfian MPd

Aplikasi SIKS-NG dirasa perlu didalami merupakan aplikasi induk semua data.

Untuk Tahun 2024 pelatihan teknis Aplikasi SIKS-NG yang pertama dilakukan Untuk Kecamatan Gandapura merupakan tindaklanjut pengembangan pelatihan 2023 dan berlanjut untuk Kecamatan yang lain dan ada Kecamatan yang di gabung tergantung jumlah desanya.

Sekdis, data terpadu kesejahtraan sosial (DTKS), semua data diambil dari data tersebut dan semua akan terkoneksi dengan itu dan SKPK semua kedepan Akan mengambil data dari DTKS begitu juga data dapodik intinya semua akan terkoneksi.

Pemerintah pusat memulai data itu  dari Gampong,data orang meninggal gampong tidak melapor maka pemerintah terkait BPJS terus membayar dan namanya masih terdata di capil.

Harapan,setelah pelatihan diharapkan peserta mampu mendata dan mengisi data yang pasti dan tepat jika pelatihan sebelumnya tentang SIKS-NG kurang maksimal semoga dapat ditingkatkan saat ini dan jika ada yg kurang paham dapat di tanyakan

"Kekayaan Indonesia adalah data dan di Bireuen Pendataan kesehatan dan lainya  sudah terdata 313000"Alfian. 

Selanjutnya  
Aprillina .S.SiT,MKM, Kabid Pemberdayaan Sosaial dan penanganan kemiskinan bertindak sebagai Oprator teknis pelatih Menyampaikan materi data-data dalam PPKS, Kesehatan, Pendidikan dan ekonomi melalui layar infokus 

Selanjutnya Pengarahan teknis diminta untuk membuka laptop, Oprator masing-masing untuk membuka laptop,hp Android sebagai perangkat kerja.

Hadir seluruh Oprator Desa se kecamatan Gandapura dari 40 desa dan didampingi oleh Staf kantor Camat.(MI)