Banjir Bandang Peusangan: Ratusan Rumah Gampong Cot Nga Terendam

Iklan Semua Halaman



.

Banjir Bandang Peusangan: Ratusan Rumah Gampong Cot Nga Terendam

Juwaini
Jumat, 28 Juni 2024
Liputan: Muhammad Idris

Foto: Ratusan Rumah warga Gampong Cot Nga Kecamatan Peusangan Terendam Banjir Bandang (28/6) 

BIREUEN|REAKSINEWS.ID - Dilanda Banjir Bandang akibat guyuran hujan, Ratusan Rumah (KK) warga Gampong Cot Nga Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Terendam, Jumat (28 Juni 2024) 

Sekretaris Gampong Cot Nga, Hendri Yunan menyampaikan, Ratusan Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi ke beberapa lokasi akibat banjir bandang melanda pasca guyuran hujan deras, Kamis malam hingga Jumat dinihari, 

Puncak banjir terjadi sekitar pukul 05:00 pagi hingga mengakibatkan ratusan rumah masyarakat di Tiga Dusun terendam dengan ketinggian air di beberapa titik mencapai setinggi pinggang orang dewasa.

Foto: Kondisi Banjir Bandang di Gampong Cot Nga Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, Aceh (28/6) 

"Saat ini warga sedang mengemas dan menyelamatkan sejumlah barang dalam rumah, bahkan ada barang barang elektronik seperti kulkas yang ikut terendam," terang Hendri.

Lebih lanjut Hendri mengatakan,  kawasan yang dilanda banjir diantaranya Dusun Mesjid dan Dusun Meunasah serta beberapa titik lainnya.

Karenanya, kata Hendri, ratusan warga terpaksa diungsikan sementara di daerah yang bebas banjir di Gampong Cot Nga ke dataran yang lebih selamat, Sekdes menjelaskan. 

Sementara Camat Peusangan, Teguh Mandiri Putera, SSTP di lokasi banjir menyebutkan, musibah banjir ini sudah dilaporkan ke Pj Bupati Bireuen dan instansi terkait. 

"Kami sedang di lokasi bersama Keuchik beserta jajarannya dibantu masyarakat sedang mendirikan tenda darurat dan dapur umum" sebut Teguh, yang juga mantan Kepala BPBD Bireuen. (MI)