Surati Pj Bupati Bireuen: SAPA Minta Paving Block Rp 11 Miliar Dialihkan

Iklan Semua Halaman



.

Surati Pj Bupati Bireuen: SAPA Minta Paving Block Rp 11 Miliar Dialihkan

Juwaini
Rabu, 26 Juni 2024
Foto: Serikat Aksi Peduli Aceh serahkan Rekomendasi kepada Pj Bupati Bireuen melalui Kabag Prokopim Setdakab Bireuen, Azmi, S.Kom MM (25/6) 

BIREUEN|REAKSINEWS.ID - Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA) mendatangi kantor Bupati Bireuen. Selasa 25 Juni 2024. Mereka menyampaikan surat yang berisi beberapa rekomendasi kepada Pj Bupati Aulia Sofyan.

Ketua umum SAPA Fauzan Adami, didampingi Ketua Divisi Advokasi dan Kebijakan, Ishak, SH, Ketua Divisi Investigasi, Saifuddin, SH dan anggota Azmir Ramadani menyerahkan rekomendasi berkaitan program Paving Block senilai Rp 11 Milyar kepada Pj Bupati Bireuen melalui Kabag Prokopim Setdakab Bireuen, Azmi, S.Kom MM.

Ketua Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA) menyampaikan, pihaknya mendatangi kantor Bupati Bireuen karena ingin menjumpai Pj Bupati Aulia Sofyan secara langsung. Namun, Pj Bupati sedang tidak di tempat, sehingga surat rekomendasi diserahkan melalui Kabag Prokopim.

"Pj Bupati Bireuen diluar daerah dan suratnya kita serahkan ke Kabag Prokopim. Ada beberapa rekomendasi yang disampaikan diantaranya Pokir Dewan dipublikasikan dan kegiatan bersifat bisnis seperti paving Block mencapai Rp 11 miliar dialihkan ke program yang lebih bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Fauzan.

Rekomendasi yang disampaikan Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA) kepada Pj Bupati Bireuen diantaranya menyatakan;

Kami Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA) mengucapkan terimakasih atas perhatian Bapak Pj Bupati terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bireuen.

Kami ingin menyampaikan keprihatinan terhadap persoalan kemiskinan, pengangguran dan perekonomian masyarakat karena itu kami memohon agar Bapak Bupati dapat lebih fokus dalam mengambil langkah-langkah konkret untuk mengurangi kemiskinan dan meningkat perekonomian rakyat.

Adapun beberapa poin yang diusulkan dalam rekomendasi tersebut terdiri dari; 

1. Prioritaskan program terhadap rakyat, seperti program pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan akses pendidikan dan keterampilan, akses kesehatan yang lebih baik, program pertanian dan perikanan yang berkelanjutan. 

2. Meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan dan perkuat sistem pengawasan dalam Bìrokrasi pemerintah untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang. 

3. Pokir Dewan dipublikasikan secara luas, transparan, sehingga jelas antara progam dewan dan program dinas untuk mewujudkan partisipasi masyarakat, serta mencegah praktik korupsi dan penyalahgunaan anggaran. 

4. Kami meminta program bersifat bisnis hanya menguntungkan pihak tertentu atau kelompok dialihkan ke program lain yang bermanfaat terhadap masyarakat secara luas, 

Seperti kegiatan Paving Block dengan alokasi anggaran mencapai Rp11 miliar lebih tahun 2024." Dialihkan ke program bantuan modal bagi masyarakat miskin maupun ke program peningkatan mutu kualitas pendidikan dan kesehatan

Kami meyakini dengan fokus pada realisasi kebutuhan - kebutuhan tersebut efektif membawa perubahan yang signifikan dan positif bagi masyarakat Kabupaten Bireuen, 

Mempublikasikan Pokir Dewan menciptakan pemerintahan yang lebih bersih, transparan dan akuntabel, sehingga semua program pembangunan dapat berjalan lebih baik, serta memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Demikian isi surat rekomendasi yang disampaikan Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA) kepada Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan dan surat tembusan diserahkan ke Ketua DPRK, Kejari, Polres, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan Dayah dan para insan pers.(**)