Kadistanbun Bireuen Hadiri Tanam Perdana Jagung Hibrida di Gandapura

Iklan Semua Halaman


.

Kadistanbun Bireuen Hadiri Tanam Perdana Jagung Hibrida di Gandapura

Juwaini
Senin, 10 Juni 2024
Liputan: Muhammad Idris

Foto:Kadistanbun Bireuen Mulyadi SE MM hadiri Penanaman Perdana Jagung Hibrida di Gampong Tanjong Raya Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Aceh (10/6) 

BIREUEN|REAKSINEWS.ID - Dihadiri Kadistanbun Bireuen, Mulyadi SE MM, Kelompok Tani Jumpa Puteh Gampong Tanjong Raya Kecamatan Gandapura, Tanam Perdana Jagung Hibrida, Senin (10 Juni 2024) 

Mulyadi SE MM dalam sambutannya menegaskan, pemerintah senantiasa
mendukung setiap program desa," Apalagi yang berkaitan langsung tentang perekonomian masyarakat petani, namun semua itu perlu melalui aturan dan mekanisme yang benar,

Diharapkan masyarakat petani juga perlu mengikuti aturan dalam proses dan alur yang dimulai sedari awal penanaman apapun komoditinya. Ikuti arahan para penyuluh dengan tata cara proses yang benar, sehingga perolehan hasil lebih maksimal dan rentan dari permasalahan gagal panen.

"Para Penyuluh jangan cuma datang untuk sebatas foto semata, namun setiap kunjungan Lapangan dalam rangka memberi wejangan dan perlindungan kepada para petani, 

Menanam jagung lebih mudah dibandingkan dengan padi" Jagung modalnya murah harga jual lebih mahal, tentunya berbeda jauh dengan padi, sebut Kadistanbun Bireuen.

"Berapapun harga jual gabah, modalnya ya tetap mahal, namun bukan dalam artian harus menanam jagung dan tidak menam padi lagi, akan tapi untuk mengkondisikan lahan dan fungsi utamanya yang perlu dipertimbangkan, 

Kepada keuchik dan para Penyuluh, diharapkan penanaman perdana ini menjadi Stimulus bagi warga desa lain dilingkungan Kecamatan Gandapura untuk memanfaatkan lahan, sehingga masyarakat aktif dan pemerintah pasti responsif dan memberi dukungan, Mulyadi menekankan. 

Sebelumnya, Muliadi dalam laporannya memaparkan, seluas 10 Hektar lahan tidur  dipersiapkan untuk menanam Jagung dengan dukungan alokasi Dana Desa sebanyak 20% melalui Pos ketahanan pangan TA 2024.

"Diketahui lokasi ini bahagian dari dataran tinggi dan bergantung dari sumber air tadah hujan, sehingga pemerintah desa meminta masyarakat mempersiapkan lahan yang sebelumnya rimba untuk dijadikan areal penanaman jagung Hibrida,

Terimakasih atas kehadiran Kadistanbun Bireuen beserta rombongan, Kepala DPP Juempa untuk membatu secara langsung masyarakat Tanjong raya pada penanaman perdana" mengingat Kecamatan Jumpa sudah sukses pada penanaman Jagung di wilayah Binaan" sebut Muliadi.

Penanaman Perdana Jagung Hiprida dihadiri Kadistanbun Bireuen Muliadi SE MM, Camat Gandapura Azmi S.Ag, Bhabinkamtibmas, Kepala BPP Mahmudin SP, Hendri SP, Mantri Tani Muhammad S.AP serta para Penyuluh Pertanian Kecamatan, Pedamping Desa (korcam) Jamaluddin,S.Pd.I dan para perangkat Gampong Tanjong Raa. (MI)