Unsam Langsa Jalin Kerjasama Dengan PT. Palma Nafindo

Iklan Semua Halaman


.

Unsam Langsa Jalin Kerjasama Dengan PT. Palma Nafindo

Juwaini
Rabu, 09 Februari 2022
REAKSINEWS.ID | LANGSA - Unsam Langsa Jalin kerja Sama Dengan Pratama terkait pembelajaran pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Ruang rapat rektor, Rabu (09 Februari 2022).

Rektor Universitas Samudra, Dr Ir Hamdani MT, mengatakan bahwa kerjasama Kampus Merdeka bagi mahasiswa Universitas Samudra untuk melaksanakan pembelajaran study khusus pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang dikelola oleh PT Palma Nafindo Pratama.

Menurut, Dr Hamdani, dilakukan MoU ini bertujuan sebagai upaya
bersama untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk ikut serta menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam membina dan mengembangkan, mengamalkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tugas, fungsi dan kapasitas masing-masing.

Lantas, dalam MoU tersebut juga dituangkan nota kesepahaman yang meliputi, pendidikan, penelitian, pengabdian dan pengembangan serta pengkajian
ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemudian juga diadakan pelatihan dan pemagangan/praktikum kunjungan lapangan mahasiswa, pertukaran informasi, dan tenaga ahli, seminar, workshop, konferensi nasional, pemanfaatan alat dan sarana ilmiah laboratorium, pengembangan, pemberdayaan, dan pemberian bantuan pendidikan
terutama mahasiswa yang kurang mampu dan berdomisili disekitar area perusahaan serta penguatan institusi, infrastruktur dan pengembangan lembaga dan kegiatan lain yang disepakati.

Sementara itu Komisaris PT Palma Nafindo Pratama, Nazaruddin, didampingi Direktur Utama Rizky Nahardi ST, mengatakan dengan adanya MoU ini dengan pihak Unsam sangat senang.

“Alhamdulillah hari ini kita telah menjalin kerjasama dengan Unsam terkait PLTMH,” ucap Nazaruddin atau yang sering disapa Nazar Kuba.

Selanjutnya dengan adanya kerjasama ini nantinya pihak mahasiswa Unsam yang akan mengoperasikan pembangunan dimaksud yang memiliki sumber daya manusia.

“MoU ini sangat bermanfaat bagi anak-anak generasi masa mendatang, tak perlu lagi ke Bandung untuk belajar cukup di Aceh juga bisa belajar terkait PLTMH dan bisa dipraktekkan langsung, kita terima khusus warga Aceh karena kita ada beberapa titik pembangkit, dalam pengoperasian itu butuh orang mengarahkan,” terang Nazar Kuba.

Sejauh saat ini, katanya, PT Palma Nafindo Pratama akan terus berdayakan masyarakat Aceh dan terutama dari pihak Unsam.

Disamping itu, kedepan pihaknya ada pengembangan beberapa bidang seperti pertanian yakni menanam kayu Kaliandra merah untuk bahan bakar pembangkit listrik PLTU, lahannya di Aceh Timur tepatnya di Peunaron ada sekitar 11 ribu hektar lahan tersedia.

“Nanti akan kita kirimkan mahasiswa Unsam untuk mengambil sampel tanah dan lainnya dalam pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang terjun langsung kelapangan,” tukas Nazar Kuba.

Hadir dalam MoU tersebut, Rektor Universitas Samudra, Dr Ir Hamdani MT, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr Rachmatsyah MP,d, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ir Adnan MM, Sub Koordinator Kerjasama, Hendra, dan Komisaris PT. Palma Nafindo Pratama, Nazaruddin, Direktur Utama, Rizky Nahardi ST, General Manager,
Cut fitriani, Manager Operasional,
Nazrianda Syahputra, Manager Bidang Tehnik, Saiful Anwar. (Wira)