Ciptakan Wirausaha Baru, IPM Babadan Gelar Pelatihan Batik Shibori

Iklan Semua Halaman


.

Ciptakan Wirausaha Baru, IPM Babadan Gelar Pelatihan Batik Shibori

Juwaini
Minggu, 12 Juni 2022
PONOROGO | Pelatihan Batik shibori dilaksanakan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Cabang Babadan, Ponorogo, Minggu (12 Juni 2022). 

Kegaitan yang diikuti oleh 50 peserta ini dilaksanakan di joglo rest area Surya Babadan . Hadir pada sesi pembukaan dihadiri Siti Khotijah kades Desa Ngunut, pengurus Muhammadiyah Babadan pendampingan dari Pemuda dan NA cabang Babadan 

Dijelaskan oleh Rudi Hartono selalu penanggung jawab kegiatan, acara ini merupakan implementasi dari program pemberdayaan masyarakat  Desa Ngunut. Dirinya berharap pelatihan berbasis ketrampilan dengan memilih pelatihan Batik yang lagi trend saat ini  bisa menumbuhkan nilai kreatifitas para pelajar. " Dengan adanya ketrampilan praktis semacam ini para pelajar punya ketrampilan sekaligus pengalaman yang harapannya bermanfaat bagi mereka kedepannya. "

Salah satu peserta Nasywa Zahiro S. Dari IPM ranting Ngunut mengungkapkan  senang punya pengalaman ketrampilan semacam ini dirinya juga berkeinginan menerapkan di rumah meskipun masih perlu diasah lagi ketrampilan khususnya dalam teknik melipat, baik teknik dasar maupun pola. 

Ditambahkan oleh  Munjiah selaku pelatih menambahkan bahwa adanya Batik sibori ini ada beberapa jenis yaitu Batik  Lipat serut jumput dan Ciprat, 

Pada tahap awal dituntut adanya ketrampilan melipat yang menentukan pola Batik, selanjutnya lipatan di celup pada perpaduan water glass dan tinta rhemasol dengan pilihan warna yang menyesuaikan dengan kehendak. Selanjutnya lipatan di buka dan di jemur untuk selanjutnya siap di cuci dan di gunakan. (Muh Nurcholis)