Abon Yunus PA Desak Pemerintah Aceh Timur Perhatikan Korban Pembacokan

Iklan Semua Halaman


.

Abon Yunus PA Desak Pemerintah Aceh Timur Perhatikan Korban Pembacokan

Redaksi @ reaksinews.id
Minggu, 19 Maret 2023
Foto: Tgk. M. Yunus Anggota DPR Aceh Dapil 6 Fraksi Partai Aceh (18/3)

BANDA ACEH | Tgk. M. Yunus Anggota DPR Aceh Dapil 6 Fraksi Partai Aceh, Tgk M. Yunus minta  Pemerintah Kabupaten Aceh Timur perhatikan korban pembacokan warga Kuala Geulumpang Kecamatan Julok, Dinas Terkait perlu memastikan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) tidak berkeliaran, Sabtu (18 Maret 2023)

Tgk M. Yunus menyampaikan," Selaku Anggota DPR Aceh dari Dapil 6, saya meminta dan mendesak Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk memperhatikan Korban Pembacokan yang terjadi di Gampong Kuala Geulumpang Kecamatan Julok, 

Dimana satu diantara korban tersebut dianiaya oleh diduga ODGJ hingga meregang nyawa (meninggal) Sejatinya Pemerintah Setempat berperan aktif terhadap musibah yang dialami korban," Apalagi kondisi kehidupan para korban berasal dari masyarakat kurang mampu, kata Abun Yunus PA, sapaan akrabnya.

Berkaitan Tragedi Pembacokan tersebut, pemerintah Aceh Timur melalui Dinas Terkait perlu memastikan keberadaan ODGJ yang berkeliaran, melalui berbagai program pelayanan sesuai program kerja,

"Baik itu dalam bentuk pelayanan pengobatan hingga penempatan sejumlah ODGJ. Sehingga potensi penganiayaan sebagaimana yang terjadi di Gampong Kuala Geulumpang Julok tidak lagi berulang, desak Politikus Partai Aceh.

Dalam hal ini, Dinas Kesehatan sangat perlu memperhatikan Kondisi ODGJ dari masa ke-semasa," Pastikan keberadaan dan mengawasi hingga Potensi kalangan "Ureung Pungoe" (ODGJ) yang rawan dapat diminimalisir, ujar Tgk M.Yunus.

"Cukuplah musibah menimpa masyarakat Kuala Geulumpang yang diakibatkan ODGJ tersebut untuk pertama dan terakhir kalinya terjadi dan tidak akan dialami lagi oleh warga lainnya,

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur perlu komit dalam memperhatikan kondisi kehidupan dan keselamatan masyarakat secara umum dan menyeluruh.

Semoga pemerintah Aceh Timur terkhusus Dinas Kesehatan tidak "Menutup Mata" terhadap keselamatan. Sehingga masyarakat  tidak berasumsi (menilai)  Pemerintah dan Dinas Kesehatan membiarkan orang berkelainan jiwa berkeliaran,

Dimana tersebut sudah menjadi tanggung jawab dan bahagian tugas pemerintah dalam setiap program kerja setiap tahun berjalan." Jangan lagi membiarkan ODGJ berkeliaran, apalagi kondisinya berpotensi mengancam keselamatan masyarakat disekitarnya.(Razali)