RTLH: BAI Minta Pemerintah Aceh Timur Tidak Tutup Mata

Iklan Semua Halaman


.

RTLH: BAI Minta Pemerintah Aceh Timur Tidak Tutup Mata

Redaksi @ reaksinews.id
Kamis, 23 Maret 2023
Foto: RTLH Hunian Abdurrahman Sekeluarga di Gampong Tanjung Tualang Peureulak Barat, Aceh Timur (23/3)

ACEH TIMUR | Badan Advokasi Indonesia (BAI) minta Pemerintah Aceh Timur untuk memperhatikan salah satu warga, Abdurahman Dusun Teuku Pulo Desa Tanjung Tualang Kecamatan Peureulak Barat yang masih menempati Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Kamis (23 Maret 2023)

Team Badan Advokasi Indonesia Kabupaten Aceh Timur, Zulfakri mengatakan, Miris sungguh nasib Abdurrahman (31) yang sepertinya hingga hari ini belum tersentuh Perhatian layaknya kehidupan masyarakat di negeri produsen Gas dan sejumlah Tambang dan perusahaan raksasa,

Hidup dibawah garis kemiskinan dengan pekerjaan yang tidak menentu," Sangat tidak mungkin baginya mengadakan rumah yang layak dihuni sekeluarga. 

Foto: Kondisi Hunian Lima Sekeluarga di Gampong Tanjung Tualang Peureulak Barat Aceh Timur (23/3)

Sayangnya pemerintah Aceh Timur masih terkesan Tutup mata terhadap penderitaan Abdurrahman, warga Dusun Teuku Pulo Desa Tanjung Tualang Kecamatan Peureulak Barat,

Hingga hari ini, Lima sekeluarga tersebut masih menghuni Rumah Reyot berbalut Pelepah Rumbia dan Seng Bekas, bahkan kodisi atap yang bolong disana-sini. 

Impian dan aspirasi Abdurrahman sekeluarga belum juga tersahuti baik di tingkat Pemerintah Gampong maupun Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, kata Zulfakri.

Berkaitan kondisi tersebut," BAI meminta kepada pemerintah Aceh Timur Tidak hanya sebatas melahirkan Beraneka program pemberdayaan masyarakat, namun harus melihat langsung dan mendata sejumlah besar rumah tidak layak huni masih ditempat warga.

"Diharap pemerintah Aceh Timur atau Dinas Sosial dapat sesegera mungkin melihat langsung kondisi rumah yang tidak layak huni di desa Teuku Pulo Kecamatan Peureulak Barat kabupaten Aceh Timur, desak Zulfakri 

Dengan kondisi sedemikian Daifnya kehidupan warga, semoga pemerintah Aceh Timur tidak tutup mata melihat fakta yang terjadi saat ini. 

Sementara Aceh merupakan salah satu daerah penerima Dana Otonomi Khusus (Otsus) tetapi pada kenyataannya masih ada masyarakat yang rumahnya tidak layak huni, Team BAI Aceh Timur menuturkan.(Razali)