Aceh Utara: Raih Piagam Merdeka Belajar dari Mendikbudristek RI

Iklan Semua Halaman


.

Aceh Utara: Raih Piagam Merdeka Belajar dari Mendikbudristek RI

Redaksi @ reaksinews.id
Selasa, 30 Mei 2023
Foto: Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi AP, MSi, Kadis PK, Jamaluddin, S.Sos, MPd dan Asisten I Dayan Albar, S.Sos, MAP bersama Piagam penghargaan Merdeka Belajar, Yogyakarta (29/5)

ACEH UTARA | Dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah Transformatif tingkat Kabupaten dan Kota Non 3T. Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi AP, MSi terima Penghargaan Merdeka Belajar Piagam diserahkan langsung oleh Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim, Yogyakarta, Senin (29 Mei 2023).

Pj Bupati Aceh Utara Azwardi AP, MSi didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Jamaluddin, S.Sos, MPd dan Asisten I Dayan Albar, S.Sos, MAP mengatakan, penghargaan tertinggi kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara atas pencapaian sebagai Pemerintah Daerah Transformatif tingkat Kabupaten dan Kota Non 3T,

Dimana Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Nadiem Anwar Makarim bertepatan Momentum Bulan Merdeka Belajar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, kata Azwardi.

Sementara, Jamaluddin, S.Sos, MPd selaku Kadis Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan, piagam penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Aceh Utara merupakan salah satu prestasi dan menjadi apresiasi atas dukungan Pemda dalam upaya memajukan pendidikan di Aceh Utara

Malam anugerah turut disemarakkan dengan Karnaval Merdeka Belajar yang digelar di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta (28/5) malam,

Dari serangkaian pelaksanaan kegiatan," Segmen yang dinilai salah satunya adalah dukungan Pemda terhadap kebijakan Merdeka Belajar meliputi Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Program Guru Penggerak dan Program Indonesia Pintar.

Dari sejumlah 31 sekolah yang tergabung dalam Program Sekolah Penggerak Angkatan ke-3 dimana jumlah tersebut menjadi yang terbanyak untuk provinsi Aceh.

Sementara tahun ajaran 2023/2024, sejumlah 969 sekolah di Aceh Utara komit mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, dikarenakan hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Kedepan, ungkap  Jamaluddin.

Dipaparkan Jamaluddin, sekurang-kurangnya 219 orang guru telah menyelesaikan pendidikan Guru Penggerak dan dari jumlah tersebut akan disusul dengan 263 orang guru yang saat ini sedang dalam program pendidikan.

" Insya Allah semua itu akan semakin dapat ditingkatkan karena di Aceh Utara semua sekolah telah mendapatkan beasiswa melalui Program Indonesia Pintar, baik jenjang PAUD, SD, hingga SMP 

Dengan harapan, Pemda Aceh Utara dapat membangkitkan pendidikan di Nanggroe Pasee, berdasarkan akumulasi Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Guru Penggerak di Aceh Utara dan Program Indonesia Pintar merupakan upaya strategis, harap Kadis PK Aceh Utara.(Abubakar)